XP di Pentium MMX

XP, kebanyakan komputer memakai sistem operasi buatan Microsoft yang satu ini. Dan hampir seluruh jajaran komputer berbagai generasi bisa menjalankan XP. Saya sendiri pernah mencoba untuk membuktikan kemampuannya tersebut dengan menginstal-nya ke dalam komputer tua yang mungkin seharusnya sudah pensiun, yaitu Pentium MMX 166 Mhz dengan RAM 128 Mb. Memang banyak kendala yang dihadapi, masalah yang pertama muncul dari lamanya proses instalasi yang mencapai 8 jam ! dan yang kedua yaitu masalah stabilitas komputer dalam menjalankan Windows XP. Masalah kedua memerlukan waktu yang lama dalam pemecahannya dan memerlukan banyak Trial n Error.

Masalahnya terletak pada setingan BIOS yang harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh XP.Apabila setingan tidak sesuai, komputer tersebut akan segera Hang saat masuk ke dalam Windows. Setelah cukup stabil, saatnya mencoba aplikasi tambahan untuk menjajal kemampuan XP dalam berbagai jenis komputer. Kali ini saya memilih aplikasi perkantoran yang sudah umum digunakan, yaitu Microsoft Office 2003 dan hasilnya sungguh mengejutkan. Komputer ini dapat membuka aplikasi - aplikasi Office dengan waktu yang tidak lama dan bahkan dapat dikatakan sudah cukup cepat. Tetapi, hal berbeda saat saya mencoba menginstal aplikasi multimedia. Kemampuan processor yang terbatas menghambat komputer untuk menjalankan file - file multimedia seperti file MP3 ataupun video dan terkadang membuat komputer menjadi Hang !. Tetapi hal tersebut tidak terlalu penting, karena komputer ini hanya difokuskan pada komputer Office sehingga tidak terlalu membutuhkan dukungan multimedia.


Dari hasil diatas, dapat terlihat bahwa XP memiliki kompatibilitas yang sangat luas dan patut diacungi jempol. Performa yang bagus serta luasnya dukungan akan membuat OS buatan Microsoft ini akan tetap menjadi pilihan utama bagi sebagaian pengguna komputer saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template Design by SkinCorner