cara menembak

rixco




JAKARTA, KAMIS - Ribuan teks, gambar, dan foto telah dipaket dan dikirimkan ke planet asing yang berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi atau setara 120 triliun kilometer. Pesan tersebut merupakan kumpulan hasil karya jutaan pengguna situs jejaring sosial Bebo melalui kompetisi yang disebut A Message From Earth.

Gambar teleskop radio raksasa RT-70

Total terdapat 501 karya yang terpilih untuk dikirim ke luar angkasa dengan harapan muluk diterima alien dan dibalas. Seluruh karya dalam bentuk digital itu telah diterjemahkan ke dalam format biner dan dipancarkan melalui gelombang radio dari sebuah teleskop radio raksasa RT-70 milik Badan Antariksa Nasional di Ukraina.

Pengiriman pesan telah dilakukan Kamis (9/10) pukul 13.00 WIB. Oli Madgett dari Bebo mengatakan pesan tersebut sampai ke Bulan dalam 1,7 detik kemudian, dampai Mars dalam 4 menit, dan akan meninggalkan tata surya sebelum Jumat (10/10) pagi.

Target terakhir yang dituju adalah Planet Gliese 581C. Pesan tersebut baru akan sampai ke planet tersebut pada awal 2029. Gliese 581C merupakan salah satu planet ekstrasolar yang padat dan mengelilingi bintang serupa Matahari sehingga sering disebut super-Bumi.


"Pesan dari Bumi merepresentasikan kesempatan bagi pemukim digital hari ini untuk selalu terhubugn dengan sains dan alam semesta yang lebih luas secara sederhana, menyenangkan, dan mendalam," ujar Mark Charkin, jurubicara Bebo.

Ada tidaknya makhluk lain selain manusia nun jauh di sana bukan hal yang utama. Kalaupun ada, apakah mereka dapat mengerti pesan tersebut juga tidak terlalu penting.

"Yang penting mungkin sangat sederhana, paling tidak ini bukit bahwa kita cukup pandai membuat pemancar radio," ujar Seth Shostak, seorang astronom senior dari Search of Estraterestrial Institute (SETI) yang aktif melakukan pencarian terhadap alien.

Jadi, kalau ada alien yang menangkap pesan tersebut, mereka tahu ada makhluk yang sepintar mereka. Selain itu, mereka dapat melacak ke Bumi, asal gelombang dipancarkan.


Sumber : BBC

Bagi anda yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil silahkan menghubungi Departemen-Departemen di bawah ini di Seluruh Indonesia .


Silahkan Klik di link di bawah ini untuk langsung menuju ke situs Departemen untuk melihat Kualifikasi CPNS yang di butuhkan



DEPARTEMEN HUKUM DAN HAM
www.depkumham.go.id





DEPARTEMEN KEHUTANAN
www.dephut.go.id/

Berkas Pendaftaran paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 15 Oktober 2008 di kota-kota di seluruh propinsi di Indonesia.

Informasi Penerimaan Pegawai Negeri Sipil bisa juga anda lihat di pada Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (tempat pembuatan kartu pencari kerja) di Kota-Kota Anda .

Khusus untuk Departemen Hukum dan Ham masih menerima lulusan SMA Sederajat .
--------------------------------------------------------------------------------------
Penerimaan ini bersih dan bersifat terbuka, dan di Awasi Langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga tidak ada yang berbuat kecurangan atau tindakan KKN. Kalau Ada Indikasi Kecurangan dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, bukti lengkap silahkan menghubungi KPK di :



Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-1, Jakarta 12920,
Telp. (021 ) 2557 8389 , Faks. (021) 5289 2454
Latitude : 6°12'44.18"S, Longitude: 106°49'51.47"E

Email : informasi@kpk.go.id
Web : www.kpk.go.id



Pada pertengahan dasawarsa 1990-an, Rusia melansir torpedo anyar. Namun yang di tebalkan cukup mengetarkan nyali, VA-111 Shkval alias “Hujan Badai”. Shkval adalah karya institut Riset NII-24 pimpinan Mikhail Murkulov yang di tugasi merancang rudal bawah air berkecepatan tinggi, ia sanggup melibas armada kapal selam nuklir AS yang stealth. Shkval di perkenalkan pada 1977 lewat tangan Y.Rakov dan G.Logvinovich.

Wujud Shkval mengejutkan kebanyakan orang, wujud fisiknya kerucut panjang. pada buritan terdapat dua pasang sirip penstabil arah lintasan dan beberapa corong knalpot. Bisa di katakan Shakval lebih mirip rudal ketimbang torpedo konvensional.

Kesaktian Shkval yang bikin gentar NATO adalah kecepatan jelajah yang mencapai 230 knot empat kali kecepatan torpedo Mk 48 (AS). Dengan kecepatan jelajah sedemikian besar, energi kinetik yang dihasilkan pasti juga besar. Itu sebab, Shkval sanggup menjebol lambung semua kapal perang biarpun tanpa bermodal hulu ledak nuklir atau hulu ledak biasa bobotnya 210 kg. Hingga kini AS belum punya pamungkas apapun guna menangkal monster ini.

Gelembung Pamungkas
Apa rahasia kesaktian shkval ..? tak lain adalah aplikasi cabang ilmu fisika soal gerakan benda padat yang “terbungkus” rongga hampa udarra dalam sejumlah besar massa air (body motion under cavitation). Shakval dirancang bisa melejit dari tabung peluncur berdiameter 21 inci (533 mm) pada kedalaman 100 m. Saat ia melesat keluar dari tabung peluncur dengan kecepatan sekitar 50 knot, motor roket pendorong mulai di hidupkan. Meski ia belum sepenuhnya telah mencuat dari dalam badannya. Pada tiap sisi sirip yang yang tekanan udaranya rendah terjadi penyedotan udara sehingga timbul gelembung udara bertekanan tinggi. Sekujur tubuh terpedo terbungkus wadah berongga yang cukup gede.

Bahannya ialah lapisan udara tipis yang tak lain aliran gelembung udara dalam jumlah besar (supercavitating bubles). Alhasil, kulit Sykval tidak tersentuh air lau dan segala bentuk gesekan maupun hisapan (drag) dapat di minimalkan.

Berkat motor roket pendorong berkecepatan tinggi, proyektil yang terbungkus total (full cavitating) dan sedang bergerak mengalami rotasi hingga ekor proyektil berbenturan dengan pembungkus. Akibatnya arah lintasan dan kesetabilan gerak proyektil acap kali “terganggu”.

Shkval dipandu dengan sistem auto pilot dan buka dengan hulu pencari (homing head) seperti umumnya terpedo. Awalnya, shkval tidak punya sistem pemandu apapun. Namun, belakangan Rusia melansir varian yang punya hulu pencari dan hulu ledak nuklir taktis yang sanggup melejit sejauh 16 kilometer ini.

Pengembangan
Varian shkval berikut punya sistem penentu sasaran terpandu (guided targeting system) dan berhulu ledak konvensional (1997) dan diuji coba pada musim semi tahun 1998. Rusia juga melangsir Shkval-E untuk ekspor yang kemampuannya sedikit lebih rendah (1999) dan telah di miliki oleh RRC, Iran dan Prancis. RRC juga membeli enam unit KS kelas Victor III untuk wahana peluncuran Shkval-E. Generasi kedua shkval muncul tahun 1998 dengan kecepatan jelajah 391 knot hingga sejauh 96 kilometer.




Nuklir dan diesel -elektrik. Rudal balistik,anti permukaan, hingga torpedo. itulah kemampuan yang mewarnai kapal selam jaman sekarang. Soal lebih unggul mana, ya tergantung dari banyak faktor. Mulai dari kebutuhan hingga urusan kekuatan kantong tiap negara operator. berikut beberapa tipe kapal selam paska Perang Dunia II.


TYPE 209
Kalah perang memang berefek jelek bagi Jerman. Bahkan setelah 25 tahun PD II berlalu, bangsa aria tetap wajib tunduk pada peraturan yang dibuat sekutu. Mereka tidak di perbolehkan membangun kapal selam dengan bobot lebih dari 1000 ton . jelas aturan tadi bisa mematikan kreativitas. Tapi Tenang saja, masih ada jalan keluarnya. Buktinya biro desain kapal selam Jerman Barat, IKL (Ingenieurkontor lubeck) nekat melangsir type 209 yang berbobot lebih dari 1.000 ton pada era 70 an. Nah, biar tak terjerat pada aturan sekutu maka kapal selam ini hanya di tujukan bagi pangsa pasar ekspor. Lebih dari 12 AL dunia (termasuk TNI AL) memakai varian type 209, cukuplah jadi tanda keandalan kapal selam ini.

Spesifikasi
Kru : 30-33 orang.
Bobot Selam : 1.440 ton
Bobot Permukaan : 1.320 ton
Panjang (P) : 61 Meter
Beam : 6,2 m
Drought : 5,5 meter
Mesin Empat Generator MTU, Sebuah Motor Elektrik Siemens, baling-baling tunggal
Kecepatan Selam Mks : 22 Knot
Kecepatan Permukaan Mks : 11 Knot
Persenjataan : Delapan Tabung Peluncur Terpedo Kaliber 21 Inci (533 mm)



KILO


Primadona Rusia di bidang ekspor kapal selam ? jawabannya tak ada lain ada pada kelas kilo. Kalau sudah begini pastilah kita menyangka kapal racikan era 80-an ini hebat segala-galanya, padahal pada kenyataannya ia tak lebih dari sebuah kapal selam jarak sedang (Medium Range). Artinya dia kurang mampu dalam untuk diajak berenang antar samudra. Toh, kekurangannya jadi tak membuat “Barat” bisa memergoki dengan mudah. Selain karena dikenal dengan teklnologi semi stealth. Mesin diesel yang di gunakan pada kelas kilo ini terbukti tangguh dalam memberikan perlawanan.

Tercatat NATO baru bisa menyimak jelas-jelas KILO pada tahun 1986. Atau setahun setelah kapal ini resmi masuk ke dalam dinas Operasional

Spesifikasi :
Kru : 60 orang
Bobot Selam : 3.000 ton
Bobot Permukaan : 2.500 ton
Panjang (P) : 70 Meter
Beam (b) : 9,9 m
Drought : 6,5 meter
Mesin : Dua generator disel; motor elektrik dan baling-baling tunggal enam bilah
Kecepatan Selam Mks : 16 Knot
Kecepatan Permukaan Mks : 12 Knot
Persenjataan : Enam tabung terpedo kaliber 21 inci (533mm) atau ranjau di bagian depan


DELTA


Julukan si Bongkok memang pantas melekat pada kapal selam Soviet yang satu ini, kelas Delta. Betapa tidak ? dengan punuk yang menempel di bagian belakang punggung maka bayangan kapal akan terlihat seperti orang bongkok. Tapi, jangan salah , justru pada bagian itulah kunci dari kesaktian Delta. Disitu tertanam 16 Pelontar rudal Balistik SS-N-18 Stingray.

Mulai dibuat pada tahun 1972, Delta punya banyak varian sebut saja dari Delta I hingga IV. Untuk varian yang terakhir tadi sebanyak 14 buah kapal berhasil di rampungkan pada tahun 1985 pihak barat sering memergoki kapal selam ini mondar-mandir di sekitar wilayah Antartika dan Pasifik

Spesifikasi :
Kru : 120 orang.
Bobot Selam : 13.550 ton
Bobot Permukaan : - ton
Panjang (P) : 164 Meter
Beam (b) : 12 m
Drought (d) : 9 meter
Mesin : Dua reaktor dengan dua baling-baling ganda
Kecepatan Selam Mks : 24-25 Knot
Kecepatan Permukaan Mks : - Knot
Persenjataan : Enam tabung Torpedo dan 16 pelontar rudal vertikal


DAPHNE

Ini adalah prinsip orang Prancis buat meracik sebuah Kapal Selam di era 50-an. Mengorbankan kecepatan agar bisa menyelem lebih dalam serta mengusung senjata lebih berat. Nah, prinsip semacam itulah yang lantas diterapkan pada kapal selam Daphne. Karakter khas yang disandang adalah soal pemasangan torpedo, sebanyak 12 tabung terpasang eksternal. Perinciannya, delapan menghadap depan sisanya menghadap ke belakang. Sistem seperti tadi di percaya mengurangi beban awak kerja awak. Tercatat AL Prancis pernah mengoprasikan 11 unit kepal selam tipe ini sebelum di pensiunkan pada tahun 1990.

Spesifikasi :
Kru : 45 orang.
Bobot Selam : 1.045 ton
Bobot Permukaan : 870 ton
Panjang (P) : 57,8 Meter
Beam (b) : 6,8 Meter
Drought : 4,6 meter
Mesin : Dua Generator Disel dan Dua motor elektrik
Kecepatan selam Mks : 16 knots Knots
Kecepatan permukaan Mks : 13,5 Knots
Persenjataan : Delapan Tabung Terpedo Di Bagian Depan Dan Empat Lainnya Di Belakang




WALRUS


Walrus bisa di golongkan sebagai wakil kapal selam konvensional modern. Tak perulah membedah soal jeroan kapal Belanda ini untuk membuktikannya. Dilihat dari tahun peluncuran pertamanya saja sudah bisa. Walrus diluncurkan pertama kali pada di galangan kapal pada bulan Oktober 1985. Ia merupakan jawaban atas kebutuhan armada kapal selam AL Belanda. Basis yang dipakai pengembangan adalah kelas Zvaardvis. Tentu saja setelah mendapat pembenahan disana-sini


Spesifikasi
Kru : 50 orang.
Bobot Selam : 2.800 ton
Bobot Permukaan : 2.450 ton
Panjang (P) : 67,7 Meter
Beam (b) : 8,4 Meter
Drought : 7 Meter
Mesin : Tiga Motor Disel, motor elektrik dan dua baling-baling tunggal
Kecepatan selam Mks : 21 Knots
Kecepatan permukaan Mks : 12Knots
Persenjataan : Empat Tabung Torpedo Multi Fungsi ke arah depan



TYPHOON


Agustus 1980. Boleh jadi adalah waktu kelahiran kapal selam paling raksasa sejagat, Typhoon. Tapi bukan tanpa alasan Soviet membangunnya di galangan kapal selam terbesar di dunia, Severodvinsk. Keahlian insinyur-insinyur komunis menggarap rudal balistik super jauh adalah alasannya. Rudal-rudal ini menghantam kota-kota penting AS dari perariran yang masih berada di bawah kontrol societ. Cuma sebagai konsekuensinya kepal selam yang mengusung harus berukuran besar. Kedigdayaan Typhoon tak hanya sebatas dimensi dan kapasitas angkut senjata saja, kabarnya ia juga punya tubuh rangkap yang berfungsi untuk menangkis torpedo ringan lawan.

Spesifikasi
Kru : 150 orang.
Bobot Selam : 25-30.000 ton
Panjang (P) : 170Meter
Beam (b) : 23 Meter
Drought : 11,5 Meter
Mesin : Dua unit raktor dengan dua unit baling-baling
Kecepatan Mks : 24 Knots
Persenjataan : 20 unit rudal balistik SS-N-20 Stugeorr delapan unit tabung torpedo



LOS ANGELES


Kode resmi yang disandang oleh kapal selam kelas Los Angeles adalah SSN, artinya monster laut bikinan AS ini tergolong sebagai mesin penyerang (attack). Kalau dibedah tugas yang disandang bisa beragam. Menghantam target darat dengan rudal Tomahawk. Menjebol kapal perang lawn dengan bermodalkan Harpoon. Serta melahap kapal selam lawan dengan torpedo Mk48 atau ADCAP (Advanced Capability). Itulah deretan kesaktian Los Angeles. Predikat hebat juga melekat pada jumlah unit yang dibuat. Sejak di operasikan pertama kali pada 13 November 1976 sebanyak 52 buah kapal telah di luncurkan


Spesifikasi
Kru : 127 orang.
Bobot Selam : 6,927 ton
Bobot Permukaan : 6.080 ton
Panjang (P) : 109 Meter
Beam (b) : 10,1 Meter
Drought : 9,8 Meter
Mesin : Sebuah reaktor S6G dengan baling baling tunggal
Kecepatan Mks : 31 Knots
Persenjataan : empat tabung Toperdo Multi fungsi




OHIO


Bila Soviet berjaya dengan Typhoon maka AL AS cukup bangga dengan kehadiran kapal selam nuklir kelas Ohio. Lantaran rival, jadi sah-sah saja kalau ia juga menerapkan taktik operasi yang sama dengan typhoon. rudal-rudal Triden yang di usung Ohio bisa di pakai menghantam seluruh kota besar Soviet. Dan untuk itu posisi kapal selam tak harus berada pada dekat dengan di wilayah lawan. Ide pembuatan Ohio muncul pada era 70-an. Kala AL AS berniat untuk meracik kapal selam baru buat pengganti pendahulunya yaitu kelas George Washington dan Ethan Allen. Maklum, kedua jenis kapal selam tadi tak bisa dimuati oleh rudal balistik Trident.


Spesifikasi

Kru : 160 orang.
Bobot Selam : 18.750 ton
Bobot Permukaan : 16.764 ton
Panjang (P) : 170,7 Meter
Beam (b) : 12,8 Meter
Drought : 11,1 Meter
Mesin : Sebuah reaktor S8G dengan baling baling tunggal
Kecepatan Mks : 20 Knots
Persenjataan : 24 pelontar vertikal rudal balistik; empat tabung torpedo




LE REDOUTABLE


Dari namanya saja sudah bisa ditebak kala selam yang saru ini adalah buatan Francis, mulai diracik pada awal era 60-an dan berhasil dirampungkan tahun 1971, le Redoutable, merupakan simbol pertama kekuatan tahun 1971, le Redoutable merupakan simbol pertama kekuatan balistik laut AL Prancis. Biasis yang di pakai untuk pengembangannya adalah kapal selam AL AS dari kelas Lafayette. Sebagai senjata utamanya La Redoutable mengusung 16 rudal balistik buatan lokal pada bagian punggung. Tipikal rudal yang balistik buatan lokal pada bagian punggungnya. Tipikal rudal yang di bawa beragam sejalan dengan perkembangan kemampuannya. Mulai dari M1 yang masih punya jarak jangkau terbatas hingga M20 berhulu ledak thermo-nuklir



Spesifikasi
Kru : 135 orang.
Bobot Selam : 9.000 ton
Bobot Permukaan : 8.000 ton
Panjang (P) : 128 Meter
Beam (b) : 10,6 Meter
Drought : 10 Meter
Mesin : Sebuah reaktor , sebuah motor listrik Dengan baling-baling tunggal
Kecepatan Mks : 20 Knots
Persenjataan : 16 pelontar vertikal rudal balistik; empat tabung torpedo




RESOLUTION
Urusan kapal selam pelontar rudal nuklir, inggris punya jenis yang senada dengan Francis. Terbukti kerajaan ini lantas ikutan mengadopsi kapal selam AS kelas lafayette sebagai basis untuk membangun kapal selam Resolution. Keputusan tadi dibuat lantaran Paman Sam melimpahkan sejumlah rudal balistik Polaris pada era 60-an sebanyak setengah lusin kelas Resolution rencananya akan di bangun. Sayang, angan-angan itu tak mulus terwujud. Tahun 1964 terjadi perubahan politik di dalam negeri inggris. Kapal keenam batal untuk dibuat. Sementara sisa nyta yang telah terlanjur jadi, diubah tugasnya menjadi kapal selam serang.


Spesifikasi
Kru : 143 orang.
Bobot Selam : 8.400 ton
Bobot Permukaan : 7.500 ton
Panjang (P) : 129,5 Meter
Beam (b) 10,1 Meter
Drought : 9,1 Meter
Mesin : Sebuah Reaktor PWR 1 Baling-baling tunggal
Kecepatan Mks : 24 Knots
Persenjataan : 16 rudal vertikal balistik polaris A-3TK; Enam, Tabung Terpedo


Hugo Chavez adalah nama yang fenomenal. Setelah menduduki kursi kepresidenan, ia segera menggerakkan serangkaian politik radikal yang dijuluki sebagai Revolusi Bolivarian sebuah revolusi yang mengambil inspirasi dari cita-cita Simon Bolivar, seorang pemimpin radikal di Amerika Latin yang hidup di masa kolonialisme. Sebuah revolusi yang didasarkan bukan oleh kharisma pemimpin, melainkan oleh organisasi dan gerakan rakyat yang tergabung dalam Lingkaran Bolivarian.

Jika ada seorang presiden yang berani secara blak-blakan menentang Presiden AS George W Bush--di forum resmi PBB pula--barangkali hanya Presiden Venezuela Hugo Chavez orangnya. Dia, tanpa tedeng aling-aling, "menyerang" dan mempermalukan Bush dengan kata-kata sangat vulgar.

Hugo Rafael Chavez Frmas--nama lengkap presiden itu-- mengaku tidak memiliki masalah pribadi dengan Bush. "Ini bukan masalah Chavez melawan Bush atau Bush melawan Chavez. Jika ini masalah pribadi, tentu sudah selesai sejak lama. Tapi Anda semua tahu bahwa ini bukan masalah pribadi.....," demikian antara lain pria kelahiran Sabeneta, Barinas, 28 Juli 1954, ini memberi alasan.

Chavez, veteran militer berpangkat letnan kolonel yang terpilih sebagai presiden tahun 1998 dan kini menguasai Istana Miraflores itu, tegas menyatakan dirinya berhaluan kiri. Dia juga menyatakan mengikuti jejak tokoh legendaris Argentina Jenderal Juan Peron, yang dipandang sangat peduli pada kesejahteraan rakyat, keadilan sosial, dan persamaan hak.

Terhadap Bush, sepertinya "urat takut" Chavez sudah putus. Nyatanya ketika Bush sejak pekan lalu melakukan road show ke beberapa negara Amerika Latin, seperti ke Brasil, Uruguay, Kolombia, Guatemala, dan Meksiko, Chavez pun menguntit dan mengacaukan agenda Bush dengan mengunjungi Argentina, Nikaragua, Jamaika, dan Haiti. (Hasyim)

tak hanya itu Lukisan karya Chavez ternyata laku dilelang dengan harga US$ 255.000 atau kira-kira Rp 2,4 miliar. Lukisan berjudul Bulan Yare itu dibuat Chavez ketika mendekam di penjara pada tahun 1992.

”Lukisan itu sendiri dilelang dalam rangka penggalangan dana bagi kampanye partai Chavez,” jelas salah seorang ofisial Partai Sosialis kepada AFP, Kamis (18/9). ”Bulan Yare dibeli oleh sekelompok pengusaha sektor konstruksi,” jelasnya. - Oleh : dtc

Blog EntryPISTOL TERKECIL DI DUNIAOct 5, '08 3:53 AM
for everyone
Inilah pistol terkecil di dunia. Bentuknya sama dengan mainan atau korek api berbentuk pistol. Tapi jangan salah, Pistol buatan SwissMiniGun itu sungguhan. Bisa mematikan jika ditembakkan, terutama dari jarak dekat. Meski ukurannya hanya 5,5 cm dan beratnya hanya 19,8 gram, pistol ini mampu 'mengirim' peluru dengan kecepatan 432 km/jam. Jarak tembaknya bisa mencapai 112 meter. Jika ditembakkan dari jarak dekat, pistol ini jelas mematikan.

Pistol ini secara resmi dinyatakan sebagai revolver terkecil di dunia. Dibuat dan dijual untuk para kolektor. Harganya 3.000 poundsterling (Rp 54,7 juta). Tapi pembuatnya juga menerima pesanan khusus, edisi berlapis emas 18 karat ditambah hiasan berlian. Yang ini harganya spektakuler, sekitar 30.000 poundsterling (Rp 547 juta).


Menurut Jonathan Spencer, ilmuwan konsultan forensik dan pakar senjata api, pistol yang mampu menembakkan peluru dengan kecepatan 12/detik itu terbukti fatal. Di mata hukum, jelas Spencer, pistol imut itu tergolong berbahaya.

“Batasan umum untuk menembus kulit adalah sekitar 99 meter/detik. Selain tulang, kulit adalah penahan terkuat penetrasi. Selama bisa menembus kulit, suatu benda bisa dianggap mematikan. Bahkan peluru sekecil apapun,” kata Spencer.


Pistol mini itu menggunakan peluru 2,34 kaliber, yang khusus dikembangkan sebagai peluru terkecil di dunia. Si imut ini merupakan produk pertama perusahaan SwissMiniGun, pembuat senjata api yang berpusat di La Chaux-de-Fonds, Swiss.

Paul Erard, pemilik perusahaan, mengatakan, sejak diproduksi tiga tahun lalu, perusahaannya sudah membuat 300 pistol imut. Kolektornya sebagian besar berasal dari Timur Tengah dan Timur Jauh.

“Produksi kami hanya sedikit. Sekitar 25 pistol emas dan 100 pisol baja per tahun. Pembeli harus memesan enam bulan sebelumnya,” kata Erard. “Kami membuat sesuai keinginan pembeli. Versi termahal terjual seharga 30.000 poundsterling. Pistol itu bertahtakan berlian dan dilengkapi rantai emas,” kata Paul.

Menurut Agen Khusus William McMahon, pistol itu begitu kecil sehingga larasnya bisa dimasukkan dalam lubang kunci. Para penjahat bisa menjadikannya senjata mematikan dan tak tampak.

Namun Erard membantah pistol buatannya mematikan. Kekuatannya hanya sepersepuluh pistol angin.

Juru bicara Rekor Dunia Guinness memastikan bahwa pistol tangan itu tercatat sebagai revolver terkecil di dunia.


Kapal Selam Kelas Virginia. Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini. Daya gempur dahsyat, kapabilitas pengumpul data intel jempolan, hingga desain dek terhitung revolusioner. Itulah kecanggihannya. Soal penugasan juga sama. Virginia jadi kapal selam pertama yang diracik sebagai wahana Multi misi, bisa beroperasi di wilayah pantai. Masuk dinas operasional AL AS tahun 2004. Berikut beberapa bagian kapal selam Virginia yang bisa di kupas.

Dominasi Samudera dan pantai. Itulah konsep yang wajib diusung kapal selam Virginia. Ia pun di lengkapi dengan kesaktian mengumpulkan data intelejent, penggelaran pasukan khusus hingga menyerang target di darat.

Berikut Anatominya dari Kapal Selam Virginia mulai dari haluan Belakang (baling-baling) :

BAGIAN BELAKANG

Tabung baling-baling (Propulsor Duct)
Ini merupakan salah satu karakter khas Virginia yang paling gampang dikenali dari luar. Mereka menyebutnya dengan nama Propulsor Duct. Bila diartikan kurang lebih sama dengan tabung pelindung baling-baling propulsi kapal selam .

Tanki Ballast/Trim
Tangki yang terletak di bagian depan dan belakang kapal berfungsi untuk menampung air ketika kapal akan menyelam. Sebaliknya agar bisa kembali ke permukaan maka kedua tangki tadi mesti di kosongkan. Selain itu ada pula tangki yang bernama trims tanks, bagian tadi berguna untuk mengatur keseimbangan serta bobot saat menyelam




BAGIAN TENGAH

ASDS
Virginia juga di lengkapi dengan wahana bawah air ASDS (Advenced SEAL Delivery System) wahana ini berfungsi untuk menghantarkan pasukan khusus dalam operasi penyusupan pantai.

Ruang Mesin
Terletak berdekatan dengan tangki adalah ruang mesin. Disinilah sebenarnya kelangsungan hidup kapal bergantung. Mulai dari sistem propulsi, pembangkitan listrik, sistem hydrolik, kompresor udara, sistem destilasi air laut, hingga pengondisian udara. Semuanya tumplek di ruang mesin.


Ruang Kemudi
Dari namanya saja sudah bisa ditebak tugas yang musti di lakoni awak diruang ini. Benar, mereka bertugas untuk mengontrol kinerja turbin propulsi. Selain itu masih ada lahi. Kinerja generator listrik serta reaktor nuklir adalah tanggung jawab lain dari petugas di ruang kendali.


Kompertemen reaktor
Sumber pakan bagi propulsi kapal selam terletak pada kompartemen reaktor. Walau tak disebutkan tipe reaktor yang diadopsi, namun dipercaya Virginia mencomot reaktor nuklir paling canggih saat ini.


BAGIAN DEPAN


Ruang Istirahat

Punya fasilitas permanen berupa tempat tidur bertingkat bagi 119 orang. Bila Virginia melakukan tugas khusus maka sebanyak 41 tempat tidur tambahan bisa dibuat pada ruang terpedo.

Bagasi
Punya nama keren Lockout Trunk Virginia bakal menjadi kapal selam pertama yang dilengkapi dengan bagasi built in. Bukan untuk menampung barang bawaan, bagian ini dipakai untuk jalan keluar masuk pasukan khusus(Navy Seal) ke kapal selam. Sebanyak 9 orang pasukan bisa ditampung sekaligus pada ruang bertekanan ini.


Komando Pengendali
Pemakaian teknologi fiber optik membuat desain ruang komando pengendali pada Virginia melenceng dari pakem sebelumnya. Sekarang ruang tersebut bisa di tempatkan pada dek tingkat kedua. Alasannya, kaalselam ini tak lagi memakai periskop konvensional. Revolusi lain yang diaplikasikan adalah soal tata ruang lega, dipenuhi dengan tampilan informasi berlayar lebar kini jadi karakternya. Semua dilakukan untuk memperlancar keputusan yang bakal diambil sang komandan.


Masts
Mungkin lebih gamblang disebut sebagai antena pada kapal selam. Disini spesiasnya beragam tapi yang jelas semua berhubungan dengan perangkat elektronik. Tipe-tipe yang diusung Virginia adalah :

 ESM
Kepanjangan dari Elektronic Support Measures kalau di simak akan terdiri dari antena GPS dan penerima gelombang radar yang dipancarkan oleh pesawat, kapal permukaan, dan kapal selam
 Penerima Data
Antena Transmisi data berkemampuan tinggi
 Antena Multifungsi
Penerima gelombang radio dan antena transmisi
 Antena Pengatur Misi
Antena ini terhubung dengan pusat untuk melakukan aksi penugasan misi dalam kapal selam
 Antena Photonics
Terdapat kamera pengintai. Perangkat ini menggantikan periskop konvensional


Ruangan Terpedo
Ruang terpedo, rudal, maupun ranjai dilontarkan dari empat tabung pengoprasiannya dilakukan dengan bantuan pompa turbin udara (ATP-Air Turbine Pump) pompa ini memaksa air untuk masuk ke dalam tabung pelontar sesaat sebelum peluncuran. Begitu ada perintah penembakan maka senjata tadi akan melesat meninggalkan kapal selam setelah melalui pintu putar.

Penyerang Darat
Selain tabung terpedo , Virginia juga dilengkapi dengan selusin sistem pelontar vertikal (VLS-Vertikal Launcing System). Dengan tabung pelontar beraliran VLS maka kapal selam ini juga punya kemampuan serang darat.

Lambung
Metal berkualitas nomor wajhid merupakan bahan dasar lambung Virginia. Tak dijelaskan tipikal metal yang dipakai. Namun yang jelas bahan tadi mesti bisa menahan tekanan hingga kedalaman laut 800 kaki. Selain metal juga ditempeli dengan lapisan semacam karet.

Kubah Hidung
Kubah pada bagian hidung Virginia terbuat dari bahan komposit. Dengan demikian maka gelombang suara bisa menerobos hingga bola sonar

Bola Sonar
Piranti Hydrophone diletakkan pada bola sonar. Punya sisitem kerja pasif, alat ini bisa mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda dari jarak bermil-mil.

Sonar
Kalau makhluk hidup mempunyai indera keenam, maka ia pantas menyendang predikat luar biasa. Nah, bila disimak Virginia punya indera pengendus sebanyak tujuh buah indera pengendus indera pengendus ini biasa disebut sonar ini tersebar di sekujur tubuhnya mulai dari bagian dagu, menara, bagian bawah hingga buntut kapal. Dari sekian banyak perangkat, sonar dibagian dagu yang terhitung jadi barang baru. Dengan alat tadi maka awak Virginia bisa tahu karakter dasar samudera hingga posisi ranjau laut dengan akurat

mau liat lebih detil gambarnya KAPAL SELAM VIRGINIA silahkan klik di :
SINI


GELAR raden mas di depan namanya pertanda dia keturunan darah biru. Ayahnya Prof. Dr. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo SPs SP Kd. Ibunya, R Ay Soeratmijati Notonegoro. Sejak kecil ia banyak teman main di kampung belakang rumahnya. Bermain gundu atau layang-layang. "Saya jadi lebih terbuka dan dapat menghormati orang lain," tuturnya.

Sejak SD sampai SMA, ia sudah gemar merakit elektronik. Walau setamat SMA ia masuk Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada, hobinya tak ditinggalkan.

Roy menekuni komputer dan fotografi. Tanpa ia sadari, waktu itu, penggabungan komputer dan fotografi itulah multimedia. Sejak kuliah ia sudah mampu membuat virus komputer dan memahami bahasa program dan tetek bengek komputer. “Tapi saya tak bisa aplikasi program Lotus,” katanya.

Namanya berkibar saat kasus Andi Ghalib terekspose. Kasus pembicaraan antara presiden, waktu itu, Habibie dan Andi Ghalib saat menjabat Jaksa Agung. Roy Suryo berhasil membuktikan bahwa rekaman pembicaraan kedua orang itu asli. Ia juga membuktikan keabsahan foto Gus Dur dan Aryati Sitepu. Bak detektif, ia ikut pula menguber Tommy Soeharto yang kabur dari penjara. Toh meski deretan kasus yang ia bongkar mengendap, Roy tak pernah kecewa."Yang penting bagi saya adalah pembuktian secara keilmuan. Kalau menyangkut urusan politik, saya tak ikut campur," katanya. Karena kegiatannya selalu berhubungan dengan sadap menyadap, sang kakak selalu mengatakan: "Awas ada tukang sadap!"

Ke mana-mana suami Ririen itu selalu ditemani benda pusaka: tiga handphone, sebuah handy talkie, dan laptop. Itu belum apa-apa. Delapan parabola dan sepuluh televisi ngendon di rumahnya—beberapa rakitan sendiri. Menurut dia, letak Indonesia di garis katulistiwa kerap dilewati berbagai satelit, "Bodoh kalau kita tak memanfaatkannya untuk gratisan," tuturnya sambil terbahak. Kesepuluh televisi itu ada di berbagai sudut rumahnya, termasuk di kamar mandi. Dan itulah tempat favoritnya membaca buku, atau mandi sambil nonton televisi.

Sejak SMA Roy gemar berpetualang, meski ia tahu benar orangtuanya bakal melarang. Apa akal? Hanya camping, pamitnya pada kedua orang tuanya. Dan karena itu ia selalu lolos dari pengawasan. Suatu ketika petualangan itu terulang. Ia membeli rongsokan Mercy seharga Rp 600 ribu di Jakarta. Diperbaikinya lalu dibawa ke Yogja seorang diri, di jalan ada saja masalah ban copot, garda patah, sampai mesin ngadat. Tapi itulah asyiknya katanya.

Cara tidurnya tidak biasa: tidur di atas jam tiga dini hari dan bangun pukul 05.00. Kesempatan lain untuk tidur di taksi atau pesawat. "Bukan waktu tapi kualitasnya," komentarnya soal tidurnya. Dan sang istri yang dipacarinya selama delapan tahun itu mengerti benar. Ia tak perlu menemaninya begadang, "Ia sudah tahu kebiasaan saya,"
Tempo.com

KENAPA MAS ROY DI BENCI..?

Ternyata di komunitas IT, banyak yang tidak menyukai roy suryo, ini terlihat dari banyak komentar anggota di forum yang menyangsikan keahlian roy suryo dalam bidang IT (dianggap sok tahu dan dinilai terlalu bodoh dalam hal dunia IT).

Bahkan ada komentar pedas yang mengatakan roy suryo bukanlah pakar Telematika, tetapi lebih tepat disebut sebagai Pakar PORNOMATIKA karena kecenderungannya untuk melibatkan diri dalam berbagai kasus foto panas, seperti misalnya Bjah, Artika Sari Dewi, dll.

Suryo Notodiprojo (nama asli roy suryo) adalah orang awam yang menganggap dirinya sebagai pakar telematika. Awal mula roy menjadi terkenal adalah karena kemampuannya memanfaatkan kebodohan segelintir wartawan di Indonesia yang malas melakukan cross check berita ke pakar yang sesungguhnya. Di bawah ini adalah beberapa comment dan fakta yang baru terungkap di beberapa mailing list dan forum IT mengenai sipa roy suryo sebenarnya:

Dia BUKAN dosen UGM, yang benar adalah pengajar tamu di Program D-3 Komunikasi UGM, mengajar Fotografi (itu pun saya duga hanya bbrp semester saja, skrg saya cek ke sana sdh tidak dipasang ngajar lagi). Terminologi dosen tamu ini sangat umum di UGM, terutama di program D-3.

Status kepegawaian KRMTRSN adalah PND/dosen di Institut Seni Indonesia Jurusan Seni Media Rekam, para koleganya di sana sudah menganggap dia "tidak ada" karena dia sangat tidak aktif di ISI. Bahkan dalam banyak publikasi ia seakan-akan "menyembunyikan" statusnya sebagai dosen ISI.

Sewaktu ramai-ramainya orang menyoal masalah Y2K dulu, ia pernah diminta oleh Bank BPD Yogyakarta untuk membenahi TI di sana, hasilnya nol-besar. Berbeda dengan komentarnya di media, saat terjun langsung di lapangan hasilnya nol besar.

Bila sedang menjadi pembicara seminar, dia paling sering minta soft copy kepada pembicara lain, untuk "dijual" ke seminar yang lain. Untuk itu, kepada para pakar yang kebetulan satu sesi dengan dia, jangan sekali-sekali memberikan soft copy materi presentasi Anda kepada dia, kalau tidak mau kecolongan.

Di komunitas fotografer amatir Jogja (HISFA) ia sudah tidak dianggap lagi, bahkan sudah terlalu sering diumpat para anggotanya karena ucapannya di media yang sering kebablasan.

Teman-teman sering menggunjingkan dia sebagai orang yang "menyibukkan diri", ia orang yang sangat hiperaktif mengirim press release, maklumlah karena tidak ada kesibukan lain. Katanya: bagi Roy membuat press release yang sensasional lebih mudah daripada membuat anak, hehehehe. Ia sudah menikah hampir 10 tahun, tetapi belum punya anak juga Selama ini ia selalu bilang "sedang dalam proses mengaktifkan kembali account email [email UGM]". Saya berani taruhan, sampai kapan pun account email itu tidak pernah bisa aktif lagi.

Kira2 tahun 1991-an, Tim IT PAU UGM membangun PUSKOM UGM. Waktu itu orang yang melek internet masih sangat terbatas, maka dicarilah mahasiswa atau alumni yang punya perhatian besar memajukan internet di UGM (saya ingat persis waktu itu masih era Trumpet Winshock, dan software2 kuno yang lain). Salah satu yang diundang adalah roy suryo itu. Waktu itu para aktivis diberikan account email dengan domain ugm.ac.id.

Nah, karena itu orang yang memiliki account ugm.ac.id tidak identik dengan "orang dalam" di UGM. Siapapun (asal aktivis) waktu itu bisa dibuatkan account email. Beberapa waktu kemudian, setelah Puskom UGM dikepalai oleh Dr. Ahmad Djunaidi, beliau mengambil kebijakan bahwa hanya "orang dalam" saja yang berhak menggunakan email ugm.ac.id., selain itu, bagi orang yang unit kerjanya di ugm sudah punya sub domain, maka account harus menyesuaikan.

Akibat dari policy ini sangat jelas, bahwa orang-orang di luar UGM tidak lagi diperbolehkan menggunakan alamat email UGM, terang saja pembersihan inilah yang menggusur roy suryo dari account ugm.ac.id. Menurut Pak Djunaidi, selama ini ada indikasi penggunaan email UGM untuk hal yang tidak tepat, dimana banyak terjadi penyalahgunaan, maka dilakukan penertiban. UGM sering mendapat komplain, pertanyaan, klarifikasi, atau apapun tentang seseorang yang menggunakan nama besar UGM untuk tujuan2 tertentu.

Roy suryo memang pernah mendaftarkan diri untuk menjadi dosen Fisipol UGM. Kejadian ini kira-kira tahun 1991. Waktu itu Rektor UGM adalah Prof. Moch. Adnan, dan Dekan Fisipol (kalau tidak salah) masih Prof. Ichlasul Amal. Menurut teman-teman saya di Fisipol, salah satu kegagalan roy suryo adalah karena indeks prestasi (IP) yang tidak memenuhi syarat untuk jadi dosen UGM. Ini faktual !! Dalam rangka memenuhi keinginan menjadi PNS, maka mendaftarlah ia menjadi PNS di ISI yang waktu itu baru saja membuka program studi Seni Media Rekam. Masuklah ia ke sana.

Salah satu topik yang sedang hangat adalah kasus foto telanjang nude Artika Sari Devi. Jika berhubungan dengan foto-foto syur, maka tentunya yang pertama maju adalah sang pakar gadungan Roy Suryo.Seperti biasa, ucapannya tidak bisa dipegang (selalu berubah-ubah) seperti beberapa cuplikan wawancara yang berbeda dalam pembahasan foto Artika:
* Menyatakan bahwa foto Artika adalah asli:
"Saya bisa pastikan foto itu asli. Sebaiknya Artika tidak menyangkal hal ini".
"Foto itu saya jamin foto Artika asli, tetapi tidak diambil pada acara Miss Universe".
* Menyatakan bahwa foto Artika adalah tidak asli:
"Dari awal, saya sudah yakin foto itu tidak asli".
"Foto itu memang bukan foto Artika, tetapi ada oknum yang menempelkan wajah Artika ke foto tersebut".
"Foto itu memang bukan foto Artika, tetapi ada foto lain yang beredar dengan foto Artika ditempelkan secara berjajaran dengan foto tersebut".
"Mestinya Artika tau kalo itu dari event lain di Thailand yang diadakan satu bulan sebelumnya".
Sungguh menyebalkan melihat seseorang menumpang ketenaran di atas penderitaan Artika, apalagi cuma asal omong tanpa bukti yang jelas .

Roy suryo pernah mengatakan dalam suatu seminar gratis di kampus ... kalau metadata foto tidak bisa diedit dan bisa dijadikan bukti keaslian foto digital.
Saat ditanya oleh salah seorang mahasiswa kenapa metadata bisa diedit dengan software pengolah gambar ACD See, dia menghindar dengan mengatakan "kan ada software buat tau metadatanya udah diedit atau belum ... ". Padahal tidak ada satupun software untuk mendeteksi apakah Metadata sebuah foto pernah diedit atau tidak. Sulit dimengerti dan jelas2 berlainan statement si Roy itu.
Berikut debat Pak Onno W. Purbo Vs Hi Roy ! yang semakin memperjelas kebusukan roy dalam dunia IT

TNP (Tabulasi Nasional Pemilu) memiliki semacam Newsletter yang tersedia setiap hari dan dibagikan gratis oleh TNP pada media, salah satu yang menarik di edisi terakhir ini adalah artikel pertamanya yang meliput dengar pendapat tentang sistem TI KPU, dengan pembicara Onno W. Purbo, Chusnul Mariyah (KPU), Basuki Suhardiman (KPU), Rahmat Zikri (KPU), Mahmur Suriadiredja (Telkom), dengan moderator Erwin Ramedhan (Kantor Menko Ekuin).

Artikel berjudul Temu Dengar TI KPU: Onno W Purbo Pun Geram ini memuat bantahan dan serangan balik Onno Purbo pada so called pakar IT Roy Suryo.
Roy Suryo seperti dikutip oleh media massa mengatakan ada sejumlah kejanggalan dalam tampilan data IT KPU. Bahkan, menurut dia, ada sejumlah data misterius yang nyelonong masuk ke komputer KPU.

Onno W Purbo: Sori Roy, metodologimu itu salah dan datamu lemah. Roy Suryo sudah salah di tingkat metodologi. Roy mempersoalkan perubahan, padahal justru perubahan adalah esensi data komputer KPU.
Mengawali komentarnya, Onno mengatakan pernyataan Roy Suryo tidak pada tempatnya. Roy membidik sasaran tembak yang salah. Data KPU adalah data yang terus berubah. Karena itu perubahan justru harus selalu terjadi. Kalau Roy mau mempersoalkan TI KPU, bandingkan data yang ada di komputer itu dengan data di setiap TPS.
Roy Suryo yang merasa terdesak (kalah dalam ilmu) mulai menyerang dengan mempertanyakan Kang Onno, yang malam ini tampil tidak seperti Kang Onno yang dia kenal (tampaknya Roy heran mengapa Onno membela KPU) maka dengan suara menggelegar menggelegar Onno menjawab:
"Saya berdiri di sini untuk membela 17 ribu anak anak saya! Saya telah mendidik mereka, dan mereka bekerja keras untuk pemilu ini. Saya tidak rela hasil kerja keras mereka dilecehkan!"
Yang dibela Onno adalah para petugas data entry yang tersebar di sebagian besar kecamatan di negeri ini. Harus memasukkan data hasil pemilu ke dalam sistem komputer KPU, mereka adalah para siswa SMK, guru, mahasiswa. Mereka telah bekerja keras selama ini meng-input hasil pemilu dari setiap TPS di seluruh Indonesia. Sampai pagi ini, para petugas itu telah menginput lebih dari 103 juta suara dalam proses pemilihan presiden (Pilpres) putaran pertama ini.

Note: Dr. Onno W Purbo adalah Pakar IT dan mantan Dosen ITB. Untuk lebih jelanya tentang Onno, silahkan baca artikel di bawah:

http://www.master. web.id/mwmag/ issue/08/ content/profil- onno_purbo/ profil-onno_ purbo.html

http://artikel. total.or. id/kolom. php?id=onno& nama=Dr.% 20Onno%20W% 20Purbo

artikel Mac Club Indonesia

LONDON - Badan Pertahanan Inggris, MI6 menggunakan situs jaringan sosial Facebook untuk melakukan perekrutan agen mata-mata baru.

"Rekrutmen terbuka ini merupakan salah satu langkah kami untuk mencari perwakilan masyarakat yang berbakat dan berminat untuk menjadi salah satu bagian dari kami. Situs jaringan sosial merupakan salah satu dari organisasi sosial
masyarakat yang berkembang di Inggris," ujar juru bicara kementerian luar negeri Inggris, seperti dikutip AFP, Senin (29/9/2008).

Menurut juru bicara tersebut, sejumlah media telah dijadikan oleh MI6 untuk dijadikan media perekrutan. Tidak terkecuali situs-situs yang berbentuk organisasi sosial. Dan Facebook merupakan salah satu dari sekian banyak 'channel' tersebut.

Iklan perekrutan tersebut telah lama muncul di Facebook. Kabarnya MI6 meluncurkannnya sejak beberapa minggu lalu sebagai langkah menggaet lebih banyak lagi masyarakat dari kalangan yang beragam.

Disinyalir AFP, MI6 mulai menggunakan media apa saja untuk melakukan perekrutan karyawan yang akan dijadikan mata-mata untuk mempertahankan keamanan negara. Media tersebut tidak hanya radio dan koran tapi juga situs dan internet messenger. Bahkan masyarakat Inggris dapat melamar pekerjaan tersebut di situs resmi MI6. (srn)




Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terikat perjanjian kerahasiaan dengan rekanan penyedia alat sadap soal informasi merk dan jenis alat yang dibeli oleh KPK.

Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III di Gedung DPR, Jakarta, Senin, mengatakan bahwa perjanjian kerahasiaan itu tertuang dalam kontrak kerjasama antara KPK dan agen, pabrikan maupun KPK, serta antara agen dan pabrikan.

Kontrak itu, kata Ruki, menyebutkan setiap pihak harus merahasiakan segala informasi tentang usaha, pemasaran, teknis, pengetahuan dan informasi lain yang berkaitan dengan alat itu.


Perjanjian kerahasiaan untuk mencegah kebocoran pengetahuan dan teknologi tentang kemampuan dan kapasitas alat tersebut merupakan salah satu alasan dilakukannya penunjukan langsung dalam pengadaan alat penyadap di KPK.

"Selain itu, Lawful Interception Devices merupakan perangkat kompleks dengan teknologi khusus yang spesifik," kata Ruki, menanggapi tentang peralatan sadap yang dipesan KPK.

Menurut Ruki, pengadaan alat penyadap itu telah sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang mengatur penunjukan langsung pekerjaan yang perlu dirahasiakan dan menyangkut pertahanan, serta keamanan negara.

Sebelum proses pengadaan dimulai, Ruki menjelaskan, KPK telah lebih dahulu melaksanakan studi pemilihan alat dengan cara mengunjungi pabrikan dan survei harga untuk menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS).

Sebagai tahap persiapan pengadaan, KPK juga memohon penetapan penunjukan langsung dari Presiden, yang kemudian disetujui.

Ruki menjelaskan, harga alat penyadap di KPK sebesar Rp28,07 miliar, yang terdiri atas satu unit pusat pemantau (monitoring center) senilai Rp17,31 miliar, dan tiga unit alat jinjing (portable) senilai masing-masing Rp1,51 miliar, Rp5,25 miliar dan Rp4 miliar.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Amien Sunaryadi, mengatakan bahwa perjanjian kerahasiaan dengan rekanan penyedia alat sadap merupakan hal yang wajar di negara mana pun.

"Kerahasiaan itu juga menyangkut kepentingan perusahaan alat sadap, agar teknologi mereka tidak bocor ke tangan saingannya," kata Amien.

Dalam perjanjian kerjasama antara perusahaan alat sadap dan KPK, kata dia, terdapat klausul yang mengatur bahwa perusahaan tersebut akan mengembalikan kelebihan harga yang ditawarkan kepada KPK, apabila terbukti bahwa perusahaan itu menjual alat dengan jenis dan merek yang sama kepada pihak lain dengan harga yang lebih murah.

Menanggapi pertanyaan para anggota Komisi III mengenai prosedur penyadapan oleh KPK, Amien mengatakan, sampai saat ini memang belum ada satu pun UU di Indonesia yang mengatur rincian mekanisme penyadapan.

UU Nomor 30 Tahun 2002, katanya, KPK diberi kewenangan untuk melakukan penyadapan dan perekaman pembicaraan yang dapat digunakan sebagai alat bukti yang sah, sehingga diambil inisiatif, agar Menteri Komunikasi dan Informatika mengeluarkan peraturan tentang informasi rahasia yang diperoleh melalui penyadapan.

Dalam aturan menteri itu, menurut dia, nantinya akan dibentuk suatu komisi pengawas yang memantau prosedur penyadapan yang dilakukan oleh penegak hukum.

Menurut Amien, penyadapan terhadap seseorang hanya bisa dilakukan setelah adanya surat perintah penyelidikan, penyidikan, atau penuntutan yang ditandatangani oleh pimpinan KPK.

Selain itu, ia menambahkan, ada satu pejabat khusus di KPK yang bertugas memantau seluruh kegiatan penyadapan. (*)

PERISTIWA yang terjadi saat kematian masih menjadi hal yang misterius bagi banyak orang. Banyak mitos berkembang seputar kejadian yang dialami seseorang menjelang ajalnya tiba misalnya bayang-bayang akan masa lalu atau melihat secercah cahaya putih di ujung suatu terowongan gelap.

Hal seputar kematian sejak lama telah menarik perhatian para ilmuwan. Salah seorang peneliti kematian terkemuka dari Universitas Southampton Inggis, Dr. Sam Parnia, belum lama ini mengungkap beberapa temuan awal dari risetnya tentang kematian.

Bersama rekannya dari New York City's Weill Cornell Medical Center, Parnia memaparkan sejumlah temuan dari eksplorasi biologis mengenai fenomena OBE (out od body experience) atau keluarnya kesadaran dari jasad atau tubuh.

Riset bertajuk AWARE (AWAreness during REsuscitation) ini adalah kolaborasi data penelitan di 25 pusat layanan kesehatan di Eropa, Kanada dan Amerika Serikat. Pada penelitian ini yang akan dilakukan selama tiga tahun ini, Parnia melibatkan sekitar 1.500 pasien yang mengalami serangan jantung.

Salah satu poin penting dari temuan Parnia adalah kematian bukanlah sebuah kejadian atau momen yang spesifik. Kematian merupakan sebuah proses yang dimulai dengan terhentinya detak jantung, paru-paru yang lumpuh, kemudian fungsi otak yang sepertinya sedang rehat. Kondisi ini juga dikenal sebagai cardiac arrest atau dari sudut pandang biologis sama dengan kematian klinis.

Belum lama ini, majalah TIME mewawancarai Parnia untuk menjelaskan proyek penelitian tentang pengalaman OBE ini. Berikut petikan wawancaranya :

Metode-metode apa saja yang akan digunakan Anda dalam memverifikasi seseorang mengalami keadaan yang disebut 'mendekati kematian' ?

Ketika jantung berhenti berdetak, tidak ada darah yang mengalir ke dalam otak Anda. Lalu yang terjadi adalah dalam waktu sekitar 10 detik aktivitas otak akan berhenti seperti yang Anda bayangkan. Walau masih diperdebatkan, sekitar 10 atau 20 persen dari mereka yang mengalaminya kemudian kembali ke kehidupan. Setelah peristiwa yang terjadi selama beberapa menit hingga satu jam itu mereka dilaporkan sadar kembali.

Di sinilah kuncinya. Apakah ini nyata atau hanya sekedar ilusi? Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengatakannya adalah memperoleh gambaran yang terlihat dari langit-langit atau di mana pun karena mereka mengklaim dapat melihat sesuatu dari langit-langit. Jika kita mendapatkan 200 hingga 300 orang yang semuanya dinyatakan meninggal secara klinis, dan kemudian mereka masih bisa kembali dan mengatakan apa yang dialami dan lihat dari gambaran tersebut, itu menegaskan bahwa keadaan sadar masih berlanjut meskipun otak tidak berfungsi.

Bagaimana proyek ini dikaitkan dengan persepsi masyarakat tentang kematian?

Kebanyakan masyarakat menganggap kematian adalah suatu kejadian atau momen - Anda hidup atau sudah meninggal. Inilah sebuah definisi sosial yang kita miliki. Tetapi definisi klinis dari kematian yang kami gunakan adalah ketika jantung sudah berhenti berdetak, paru-paru berhenti bekerja dan sebagai konsekuensinya otak pun berhenti berfungsi.

Ketika dokter menyorotkan lampu senter ke pupil mata pasien, itu adalah cara membuktikan tak ada lagi refleks. Refleks mata dimediasi oleh batang otak, dan itulah area yang menjaga kita tetap hidup. Bila bagian ini tak berfungsi, itu berarti otak telah berhenti bekerja. Pada poin ini, saya akan memanggil perawat ke dalam ruangan, dengan begitu saya dapat menjamin bahwa pasien sudah meninggal. Lima puluh tahun lalu, tak ada orang yang mampu bertahan setelah momen tersebut.

Bagaimana teknologi dapat mematahkan persepsi bahwa kematian adalah sebuah momen atau kejadian?

Saat ini, kami memiliki teknologi yang telah disempurnakan yang dapat membawa seseorang kembali ke kehidupan. Faktanya, ada obat-obatan yang sedang dikembangkan dan yang siapa tahu obat ini dapat dilempar ke pasar. Obat ini dapat memperlambat proses cedera sel-sel otak dan proses kematian. Bayangkan bila Anda bisa mempercepatnya dalam 10 tahun; dan Anda telah memberikan obat luar biasa ini kepada pasien yang jantungnya berhenti.

Apa sebenarnya dapat dilakukan obat ini adalah memperlambat sesuatu yang terjadi dalam satu jam kini bisa berlangsung selama dua hari. Selama pengobatan ini berkembang, kita akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan tentang etika.

Tetapi apa yang terjadi pada pasien pada saat kematian ? Apa sebenarnya yang tengah terjadi?
Karena minimnya aliran darah, sel-sel seperti menjadi 'gila' demi membuat mereka bisa bertahan hidup. Dalam waktu sekitar 5 menit atau lebih, sel-sel mulai rusak atau berubah. Setelah satu jam atau lebih, kerusakan akan sangat hebat dan kalaupun kita me-restart kembali jantung dan memompa darah, seseorang tidak akan selamat, sebab sel-sel telah banyak berubah. Sel-sel kemudian akan terus berubah dan dalam waktu dua hari tubuh akan membusuk. Oleh karena itu, ini bukanlah sebuah momen atau kejdian.

Ini adalah sebuah proses yang sebenarnya dapat dimulai ketika jantung berhenti bekerja dan memuncak ketika semua sel mengalami pembusukan. Walau begitu masalah yang paling penting adalah, apakah yang terjadi pada pikiran seseorang Apa yang terjadi pada pikiran dan kesadaran manusia saat ajal datang? Apakah penghentian mendadak ini terjadi secepat berhentinya jantung? Apakah penghentian aktivitas ini terjadi dalam dua detik pertama atau dua menit pertama? Karena kita tahu bahwa sel-sel akan terus berubah pada saat itu. Apakah itu akan berhenti setelah 10 menit atau satu jam? Pada poin ini kita tidak tahu.

Seperti apa wawancara pertama Anda dengan orang yang dilaporkan mengalami OBE?

Itu membuka mata saya karena apa yang dilihat adalah yang pertama kalinya. Mereka adalah benar-benar orang yang tidak mencari ketenaran atau perhatian. Pada banyak kasus, mereka belum pernah mengatakannya kepada siapapun karena khawatir dengan apa yang dipikirkan kebanyakan orang. Saya sudah mengumpulkan sekitar 500 atau lebih kasus dari orang yang diwawancarai sejak mengawalinya 10 tahun lalu. Ini adalah konsistensi dari pengalaman serta realitas dari apa yang mereka gambarkan.

Saya juga bicara pada dokter dan perawat yang pasien-pasiennya mengutarakan apa yang telah terjadi dan tidak dapat menjelaskannya. Saya sebenarnya telah mendokumentasikan sebagian di antaranya dalam buku What Happens When We Die. Saya ingin masyarakat melihat dari sudut pandang berbeda, tak hanya di sisi pasien tetapi juga dokter - dan melihat bagaimana rasanya para dokter memiliki pasiennya kembali (hidup) dan mengatakan apa sebenaranya yang terjadi. Ada seorang kardiolog mengaku dirinya tidak pernah mengatakan pada siapapun tentang kasusnya karena ia tidak punya penjelasan bagaimana pasien ini dapat menggambarkan secara detil apa yang telah mereka alami. Dia juga mengaku sangat aneh akibat kejadian itu dan memutuskan untuk tidak lagi memikirkannya.

Kenapa Anda berpikir ada perlawanan terhadap penelitian yang Anda lakukan ?

Karena kami telah mendesak hingga melewati batas keilmuan, bekerja melawan asumsi dan persepsi yang telah teratur. Banyak orang memegang teguh prinsip bahwa ketika Anda meninggal Anda mati dan selesai. Kematian adalah sebuah momen antara hidup dan mati.

Semua hal ini tentu tidak valid secara ilimiah, tetapi ini adalah persepsi sosial. Jika Anda melihat ke belakang di akhir abad 19, ahli fisika saat itu telah menerapkan hukum Newton dan mereka merasa telah memiliki semua jawaban dari pertanyaan di luar alam semesta. Ketika kita melihat dunia di sekitar kita, para ahli fisika Newton cukup sempurna. Itu dapat menjelaskan banyak hal yang kami pertanyakan. Tetapi kemudian terungkap bahwa sebenarnya ketika Anda melihat gerak pada tingkat yang sangat kecil - melebihi level atom - hukum Newton tidak berlaku lagi. Ilmu fisika baru dibutuhkan, karena itu kami pada akhirnya bersandar pada fisika kuantum. Ini menimbulkan banyak kontroversi - bahkan Einstein sendiri tidak mempercayainya.

Sekarang, jika Anda membahas tentang pikiran, kesadaran, dan otak, asumsi bahwa otak dan pikiran sama adalah hal yang wajar untuk beberapa hal tertentu karena 99 persen kenyataannya kami tak dapat memisahkan antara pikiran dan otak. Kedua hal ini, faktannya bekerja pada saat bersamaan.

Tetapi kemudian muncul contoh-contoh ekstrim seperti ketika otak lumpuh, kami melihat bahwa asumsi ini tampaknya tidak dapat dipertahankan lagi . Oleh sebab itu, suatu ilmu baru diperlukan sama halnya ketika kita membutuhkan fisika kuantum yang baru. Akselelator partikel CERN mungkin dapat membawa kita ke akar. Ini dapat membawa kita ke momen pertama setelah Big Bang, kejadian paling awal. Dengan riset ini, untuk pertamakalinya kami memiliki teknologi serta tujuan untuk menyelidikinya.

Blog EntryAHMADINEJAD TEMUI KELOMPOK YAHUDI Sep 25, '08 11:31 AM
for everyone
New York (ANTARA News) - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, bertemu sekelompok penganut aliran keras agama Yahudi yang menginginkan pembubaran negara Israel.

"Zionisme sudah sangat melemah dan, Insya Allah, akan segera hancur, dan kemudian, seluruh umat Yahudi, Muslim, dan Kristen dapat hidup dengan damai satu sama lain," kata Ahmadinejad kepada belasan rabbi dari Neturei Karta International, sebagaimana diberitakan Reuters.

Kelompok tersebut adalah organisasi anti-Zionis yang mempercayai Torah, kitab suci Yahudi. Torah melarang pendirian negara Yahudi sebelum kedatangan Mesiah. Kelompok itu juga mendukung kedaulatan Palestina di tanah mereka serta pemberian ganti rugi atas kejadian di masa lalu.

Kelompok tersebut juga menyebut diri "Persatuan Yahudi Menentang Zionisme".

Ahmadinejad menyampaikan kepada mereka bahwa Zionisme adalah gerakan politik yang "mencari kekayaan dan kekuasaan" serta "mengkorupsi bumi".

Belasan rabbi yang berpakaian hitam ciri Yahudi ultra-ortodok, duduk di meja bundar bersama Ahmadinejad dan rombongannya. Setelah pertemuan di salah satu hotel di Manhattan itu, mereka berfoto bersama.

"Kami sangat bahagia karena mendapat kehormatan dan keistimewaan untuk bertemu sosok termasyur yang mengerti perbedaan-perbedaan antara Zionisme dan Judaisme," kata petinggi kelompok rabbi itu, Moshe Ber Beck, kepada Ahmadinejad.

Ahmadinejad pernah mengatakan bahwa Israel seharusnya dihapus dari peta. Dia juga mengatakan bahwa kejadian Holocaust cuma mitos.

Pada tahun 2006, pemerintahnya mengatakan konferensi yang mempertanyakan fakta jika Nazi Jerman menggunakan gas untuk membunuh enam juta Yahudi saat Perang Dunia Dua.

Juru bicara kelompok rabbi tersebut, Yisroel Dovid Weiss, mengemukakan Ahmadinejad bukan musuh bangsa Yahudi. Ribuan kaum Yahudi tinggal di Iran tanpa ketakutan.

Ahmadinejad mengakhiri pertemuan itu dengan doa bersama para rabbi dengan mengatakan "Tuhan, tolong gagalkan propaganda para Zionis, biarkanlah mereka kehilangan harapan dan jadikanlah kemenangan untuk umatMu." (*)

Blog EntryFLANKER RUSIA VS FALCON USASep 24, '08 10:40 PM
for everyone










Flanker







Falcon


TAU NGGAK TEMAN-TEMAN KALO TERNYATA PESAWAT FALCON F-16 USAF ITU MASIH KALAH CANGGIH DENGAN PESAWAT TEMPUR SUKHOI SU-27 BUATAN RUSIA

BISA DI BILANG
FLANKER (RUSIA) = KELAS BERAT
FALCON (USA) = KELAS MENENGAH


MAU TAU SEBERAPA CANGGIHNYA
PESAWAT FLANKER BUATAN RUSIA BACA E-BOOKNYA DI
LINK DI BAWAH INI LENGKAP DENGAN FOTO-FOTONYA


E-BOOK

Blog EntryMEBANDINGKAN PESAWAT TEMPUR FALCON DAN FLANKERSep 23, '08 6:55 AM
for everyone
Pembelian pesawat tempur harus disesuaikan dengan kebutuhan operasional dan kemampuan pengadaan serta kemampuan pemeliharaan. Untuk memenuhi kebutuhan operasional kita harus membahas kemampuan pesawat tempur yang hendak dibeli. Hal ini memerlukan pendalaman dari berbagai macam aspek teknis dan kemampuan operasional. Yang juga tidak boleh dilupakan kita harus membahas misi macam apa dan jenis ancaman apa yang akan dihadapi.

Pesawat tempur dirancang sesuai kebutuhan operasi. Macam kebutuhan operasi antara lain untuk misi pertahanan udara, misi penyerangan sasaran permukaan, misi penyerangan malam hari, misi penghancuran radar dan berbagai macam misi yang lain. Pesawat tempur ada yang dirancang khusus untuk satu atau dua misi saja, ada yang dirancang untuk bisa melakukan berbagai macam misi atau serba guna (multirole).

Pesawat Su-27 Flanker adalah pesawat yang dirancang oleh Rusia untuk menandingi pesawat air superiority F-15 Eagle milik AS. Pesawat F-15 seri A/B sampai dengan C/D aslinya dirancang khusus untuk menghancurkan sasaran udara.

Namun, melihat kemampuan yang sangat baik, USAF mengembangkan F-15 E Strike Eagle berkursi ganda. Pesawat yang juga menggunakan prinsip pengendalian fly by wire seperti F-16 ini sangat baik untuk melaksanakan misi serangan permukaan, penghancur radar, dan tetap ampuh untuk menghancurkan sasaran udara.

Rusia dengan pesawat Su-27 Flanker juga mengembangkan serial lanjutan Su-30 untuk menandingi Strike Eagle. Pesawat ini terus dikembangkan menjadi serial 33, 35, dan 37 dengan memasukkan berbagai hasil riset pengembangan teknologi kedirgantaraan mutakhir.

Indonesia membeli pesawat Sukhoi tipe Su-27 SK Upgrade dan Su-30 MK, kedua versi ini merupakan versi paling gres yang diekspor Rusia. Su-27 SK Upgrade mempunyai kemampuan air to air 33 persen lebih baik dari Su-27 SK biasa, dibandingkan SU-30MK yang 24 persen lebih baik dari Su-27 SK biasa. Sedangkan untuk kemampuan penyerangan darat (air to ground) dengan avionic yang lebih canggih mampu membidik dengan lebih akurat serta mampu menggotong aneka bom dan rudal pintar.

Su-27 SK Upgrade mempunyai kemampuan air to ground 500 persen lebih baik dari Su-27 SK biasa, dibandingkan SU-30MK yang 555 persen lebih baik dari Su-27 SK biasa. Kedua pesawat ini benar-benar state the art untuk jenis operasi udara apa pun.

Perbandingan kemampuan

Membandingkan kemampuan pesawat Su-27/30 dengan pesawat multirole F-16 A/B Fighting Falcon block 15 yang telah dimiliki TNI AU sebetulnya ibarat membandingkan antara juara tinju dari kelas yang berbeda.

Ibaratnya F-16 kelas menengah dibandingkan dengan Su-27/30 yang kelas berat. Namun, melihat kesamaan fungsi yang serbaguna dari pesawat-pesawat tersebut, kita bisa membandingkan beberapa faktor keunggulan dari masing-masing pesawat.

F-16 A/B Block 15. Pesawat yang memasuki jajaran TNI AU pada bulan awal tahun 1990 ini merupakan salah satu pesawat terbaik di kelasnya.

Dirancang sebagai pesawat tempur ringan, akhirnya menjadi pesawat serbaguna yang tangguh. AS mengembangkan pesawat ini karena menganggap F-15 terlalu mahal untuk dioperasikan pada tugas close air support, interdiction, dan tugas penyerangan darat.

Pesawat F-16 adalah pesawat pertama di dunia yang menggunakan teknologi fly by wire sehingga menjadikannya sangat lincah dan gesit.

Pesawat milik TNI AU adalah F-16 A/B block 15 OCU (Operational Capability Upgrade) memiliki kemampuan lebih baik dari versi block 10 dan 15 biasa.

Pesawat ini sudah mempunyai mesin F100-PW-220 dengan daya dorong 12.660 lbs, peningkatan kemampuan software komputer dan radar, manajemen penembakan, dan navigasi, kemampuan menggunakan jamming pod ALQ-131, wide angle HUD dari F-16 C/D serta horizontal stabilizer yang lebih besar sehingga memungkinkan manuver pada angle off attack yang lebih besar.

Pesawat kita dilengkapi rudal jarak pendek AIM-9P4 Sidewinder all aspect yang punya kemampuan jarak tembak sekitar 15 km serta rudal antipermukaan AGM-65G Maverick dengan jarak tembak sekitar 12 km.

Dengan tiga drop tank untuk misi combat air patrol pesawat ini sanggup mencapai jarak 900 km atau sekitar 2,5 jam. Adapun untuk penyerangan sasaran darat sanggup mencapai sekitar 720 km (Hi-Lo-Hi).

Bila Indonesia ingin pesawat ini dikembangkan menjadi setara dengan F-16 C/D Block 52 maka F-16 A/B Block 15 OCU harus menjalani program mid life upgrade (MLU).

Dengan ini kemampuan radar dan komputer pengendali/navigasi/pembidikan pesawat menjadi sangat meningkat sehingga bisa menggunakan semua senjata udara terbaru, seperti AMRAAM dan AIM-9X. Glass cockpit, Head Up Display, Helmet Mounted Display, IFF Interrogator, dan berbagai alat avionic baru akan membuat pesawat F-16 A/B menjadi jauh lebih andal.

Bila embargo dicabut, maka dengan biaya sekitar 5 juta dollar AS per buah program MLU bagi pesawat F-16 kita, ditambah pembelian dan program MLU bagi dua skuadron pesawat F-16 A/B milik AU Pakistan yang masih gres disimpan mungkin menjadi solusi menarik untuk menambah kekuatan pertahanan udara kita dimasa depan.

Sukhoi-27 SK Upgrade. Pesawat Su-27 Flanker pada awalnya dirancang sebagai pesawat penyergap (interceptor) jarak jauh sesuai kebutuhan pertahanan udara Uni Soviet.

Performance pesawat ini dirancang menandingi pesawat F-15 Eagle, terbukti SU-27 SK dihampir semua aspek mengungguli F-15 A/B/C/D.

Uniknya dari desain awalnya sudah dilengkapi berbagai sensor yang terintegrasi dengan baik. Sensor berupa radar multimode, penjejak infra merah, dan pengukur jarak laser (laser range finder).

Dengan alat ini pesawat SU-27 sanggup mendekati sasaran tanpa menggunakan radar sehingga tidak diketahui oleh alat radar warning receiver lawan.

Sepasang mesin perkasa AL-31F dengan daya dorong masing-masing 12.500 kg membuatanya sangat bertenaga. Dengan 12 gantungan (rak) senjata, pesawat ini bisa membawa 8 rudal beyond visual range jarak menengah R-27 atau AA-10 Alamo dengan sistem semiactive (dituntun radar) serta infra red tracker.

Disamping itu pesawat ini memiliki karakteristik sangat stabil pada saat melakukan manuver yang sangat ekstrem, seperti masih terkendali pada angle off attack lebih dari 900 (manuver kobra) dan masih bisa terkendali.

Dalam kecepatan rendah, pesawat ini bisa mengarahkan nose pesawat lebih tinggi dari arah terbang pesawat sehingga mampu membidik sasaran dengan lebih cepat.

Pada versi awal masih ada kekurangan pada beberapa sistem seperti radar yang meskipun sangat kuat tetapi kemampuan prosesor komputernya masih belum memadai.

Namun, versi terbaru seperti yang dimiliki Su-27 SK Upgraded sudah mempunyai kemampuan avionic yang setara atau bahkan lebih unggul dibandingkan dengan pesawat tempur modern barat saat ini.

Fungsi

Fungsinya bukan saja air superiority, tetapi sudah mampu maritime Attack. Hanya dengan bahan bakar internalnya sanggup terbang lebih dari empat jam dan radius operasi lebih dari 1500 km. Beberapa kelebihan yang dimiliki SU-27SK Upgrade antara lain:

• IRST (infra red search and track) berupa sebuah bola kaca di depan kaca kokpit (windshield) dengan peralatan penjejak infra merah dan pengukur jarak laser. Alat ini mampu digunakan untuk menjejak sasaran siang dan malam pada jarak hingga 50 sampai dengan 70 km. Sejak operasional akhir tahun 1980-an pesawat ini sudah menggunakan alat yang menempel di badan pesawat tersebut, sementara sampai kini pesawat barat belum ada yang menggunakannya sehari-hari kecuali dalam bentuk pod yang ditempelkan atau dicantolkan di badan pesawat.

Helmet Mounted Display. Sejak awal penggunaannya pesawat ini sudah dilengkapi peralatan pembidik dengan simbol ditampilkan di kaca visor helm penerbang. Hal ini untuk mengakomodasi penggunaan berbagai alat penjejak, khususnya penjejak infra merah dari rudal R-73 atau AA-11 Archer yang bias ditembakkan hingga lebih dari 700 ke samping dari arah nose pesawat.

• Kemampuan avionic dan persenjataan. Pesawat tipe SK Upgrade ini sudah dilengkapi peralatan avionic yang jauh lebih canggih dari Su-27 SK biasa. Avionic ditingkatkan sehingga bisa menembakkan senjata anti permukaan dengan kendali GPS, Laser, dan lain-lain. Kemampuan penembakan senjata konvensional seperti roket, bom, dan kanon menjadi sangat akurat.

• Data Link. Mampu melaksanakan penjejakan sasaran pada jarak yang lebih jauh dan benar-benar terintegrasi dengan pesawat atau alutsista lain melalui data link.

• Tactical HF. Mampu berkomunikasi jarak jauh dengan data link atau voice menggunakan sarana radio HF yang bisa di encryptic.

• Rudal air to air RVVAE (AA-12 Adder). Su-27 SK Upgrade tidak seperti Su-27SK biasa yang hanya bisa menggunakan rudal jarak sedang AA-10 Alamo, namun juga rudal RVVAE. Rudal jarak menengah canggih ini menggunakan pengendali radar aktif, lebih ampuh dari AIM-120 AMRAAM milik AS, jarak jangkau hingga 50 km melebihi AMRAAM yang 42 km.

• Rudal air to air R-27R1 & T1 (AA-10 ALAMO). Rudal jarak menengah yang setara dengan ini menggunakan pengendali semi-active radar (R1) dan penjejak infra merah (T1), lebih ampuh dari Rudal AIM-7F Sparrow (versi terbaru), jarak jangkau R1 hingga 65 km dan T1 hingga 52 km melebihi Sparrow yang 40 km.

• Rudal Jarak pendek R-73 (AA-11 Archer). Dengan pendeteksi infra merah merupakan rudal jarak pendek paling canggih dan andal dipasaran saat ini, mengalahkan rudal Python (Israel) dan AIM-9 L/M Sidewinder. Jarak tembak yang mencapai 30 km dan kemampuan menembak lebih dari 700 ke arah samping (menggunakan helmet mounted display) membuatnya jadi rudal paling mematikan di dunia.

• Aneka Rudal Pintar. Seperti rudal H-31P anti radar dengan jangkauan hingga 100 km. Rudal H-31A anti kapal dengan jangkauan 50 km. Rudal H-29T Mavericksky dengan jangkauan 12-30 km. Rudal H-29L laser guide dengan jangkauan 10 km. Bom pintar (TV Guide) KAb-500 (500 kg) dan Kab-1500 (1500 kg) dengan akurasi 4-7 m. Di samping itu aneka bom biasa dan cluster bisa di bawa pesawat ini.

• Radius Aksi. Dengan tanpa air refueling bisa mempunyai radius of action CAP (Combat Air patrol) hingga 1600 km dari markas. Mampu menjangkau titik terluar dari ZEE kita. Untuk misi penyerangan sasaran permukaan bisa mencapai sekitar 1200 km. Hampir dua kali pesawat F-16 dengan tiga droptank.

• IFF Interrogator. Pesawat ini memiliki peralatan IFF (identification friend or foe) standar NATO sehingga tidak asing bagi sistem radar pertahanan udara dan radar sipil kita. Namun, tidak hanya itu, dengan alat IFF interrogator bisa memastikan sasaran yang tertangkap radar adalah kawan atau lawan sehingga bisa melepaskan rudal pada jarak yang lebih jauh.

• HF Radio. Selain dilengkapi peralatan radio komunikasi standar pesawat tempur, yaitu UHF/VHF, Su-27 juga dilengkapi alat komunikasi radio HF spesial sehingga bisa tetap berhubungan dengan siapa pun pada jarak sangat jauh, baik dengan suara atau data link dan sudah di enkripsi demi keamanan informasi.

• Su-30 MK. Kemampuan penyerangan daratnya lebih baik dari Su-27 SK Upgrade serta dilengkapi dengan alat pengisian bahan bakar di udara. Kemampuan dukungan life support yang baik membuatnya sanggup diterbangkan sampai 10 jam terus-menerus. Meskipun berkursi ganda pesawat ini sebetulnya tidak dirancang sebagai pesawat latih. Namun dirancang untuk menandingi pesawat F-15E Strike Eagle atau Tornado IDS namun kemampuan air to air masih menggetarkan. Penambahan penerbang kedua adalah untuk membantu dalam memaksimalkan kemampuan pesawat seperti:

• Menyerang dua sasaran udara pada saat bersamaan.

• 12 stores dengan combat load hingga 8000 kg

• Rudal anti permukaan (GPS & TV guidance) KH-59 ME seberat hampir satu ton dengan jarak hingga 115 km

• Peningkatan kemampuan untuk terbang hingga 10 jam.

• Mampu sebagai AWACs mini mengendalikan tiga pesawat sejenis atau SU-27 SK untuk menyerang sasaran udara dan darat. Menggunakan data link dan Tactical HF bisa menjadi pesawat komando penyerangan dengan menuntun pesawat lainnya menggunakan tampilan dari radar SU-30MK.

Mayor (Pnb) Agung "Sharky" Sasongkojati Executive Member Aerospace Center of Indonesia, Agung Sasongkojati

Blog EntryBIN BUKAN PEMBUNUH MUNIR ..!!Sep 22, '08 1:05 AM
for everyone
TEMPO Interaktif, Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara Syamsir Siregar mengaku belum mengetahui adanya dokumen berisi empat skenario pembunuhan aktivis Munir. "Saya belum melihat dokumen tersebut," ujar Syamsir di gedung MPR/DPR, Rabu (15/6).

Pada Selasa, Ketua Tim Pencari Fakta Kasus Munir, Brigjen Marsudhi Hanafi, mengatakan, timnya menemukan dokumen berisi skenario pembunuhan mantan koordinator Kontras itu. Menurut dia, penyusun skenario adalah sebuah institusi intelijen.

Menurut Syamsir, BIN telah melakukan penyelidikan ke dalam terkait dengan pembunuhan Munir. Hasilnya, kata dia, belum bisa dipublikasikan. "Secara bukti hukum belum dapat disampaikan ke penyidik," ujarnya.

Dia menyatakan sudah memanggil enam anggota BIN. Dikatakannya, mantan Ketua BIN A.M. Hendropriyono tidak termasuk yang diundang karena bukan bagian dari BIN. "Hendro di luar lingkungan sehingga tidak dimintai keterangan," kata Syamsir.

Dari hasil penyidikan, kata dia, BIN belum bisa dipastikan terlibat kematian Munir. Untuk itu, ia menyatakan keberatan dengan publikasi hasil penyidikan oleh tim pencari fakta.

Berdasarkan surat keputusan presiden yang mengatur pembentukannya, tim pencari fakta seharusnya boleh memublikasi hasil penyelidikannya sesudah dilaporkan ke presiden. Yuliawati



-------------------------------------------------

BIN (Badan Intelejen Negara) adalalah
Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelijen. jadi kalau seandainya BIN ini melakukan pembunuhan berarti BIN menjalankan tugas negara.

Sudah Barang tentu yang namanya Intelejent Khusus yang didik negara menjalankan aksinya dengan mulus dan serta di lindungi negara.

Ada beberapa klasifikasi penampakan UFO menurut Dr. J. Allen Hynek, seorang ahli astronomi yang semula meragukan UFO, namun setelah mengkaji berbagai kasus yang ada, ia menjadi serius untuk menelitinya lebih lanjut. Dr. Allen Hynek mendirikan Center for UFO Studies (CUFOS). Klasifikasi penampakan UFO menurut Hynek adalah sebagai berikut:

  • Perjumpaan jarak jauh (Relatively Distance Sightings): Melihat UFO dari jarak yang sangat jauh, sehingga UFO terlihat hanya seperti titik kecil saja seperti bintang di langit. Namun karena gerakannya yang aneh serta fenomena yang ditampakkan tidak umum, maka benda terbang itu termasuk kategori UFO. Perjumpaan jarak jauh dibagi dalam 3 tipe yakni:

NN
Nocturnal lights (NN): Nampak seperti titik sinar di langit, umumnya berwarna merah, biru, oranye atau putih, dengan pola gerak dan kecepatan yang sulit dijelaskan sebagai obyek sinar lain pada umumnya
DD
Daylight discs (DD): Nampak di siang hari, umumnya berbentuk oval (bulat telur), bentuk piring, atau obyek berbahan metalik. Bisa nampak jauh di angkasa maupun berada dekat di tanah dan seringkali nampak mengambang. Kadang tiba-tiba bisa menghilang dengan kecepatan yang luar biasa.
RV
Radar-Visual cases (RV): Kasus yang jarang dilaporkan, yakni nampak di layar radar berupa titik berkedip yang tidak dapat diterangkan sebagai obyek pesawat atau benda lain yang dikenal. Biasanya harus disertai dengan konformasi penampakan melalui saksi mata.

  • Perjumpaan Jarak Dekat (Close Encounters)
Perjumpaan dekat tingkat pertama: Melihat UFO sedang terbang dalam jarak yang relatif cukup dekat sehingga cukup jelas untuk melihat bentuknya.
Perjumpaan dekat tingkat kedua: Melihat UFO sedang dalam posisi mendarat di permukaan tanah, umumnya ditunjang dengan bekas-bekas pendaratannya.
Perjumpaan dekat tingkat ketiga: Melihat UFO mendarat serta terlihat pula ufonaut (alien) yang sedang turun atau berada di luar pesawat mereka.

Perjumpaan dekat tingkat keempat dan kelima dikemukakan oleh penerus J. Allen Hynek.

CE-IV

Perjumpaan dekat tingkat keempat:

Mengalami perjumpaan dengan alien, namun sebagai korban penculikan (alien abduction). Korban penculikan oleh alien sering tidak sadar dengan apa yang menimpa dirinya dan mengalami perubahan psikologik atau fisiologik yang mengganggu.

CE-V

Perjumpaan dekat tingkat kelima:

Melakukan komunikasi dengan alien dan ikut bersama alien tersebut dengan pesawat mereka secara sukarela. Beberapa kasus kontak atau komunikasi dengan alien ini hanya berupa kontak telepati atau melakukan perjalanan astral bersama alien.




Blog EntryTEKNOLOGI PENYERANG RADAR PESAWAT TEMPUR LAWAN Sep 18, '08 11:24 AM
for everyone

Di kancah Perang Dunia II Jerman berhasil memanfaatkan sinyal komunikasi-navigasi (com-nav) untuk menunjang operasi malam hari pesawat pembom Luftwaffe. Sistem pemancar sinyal yang disebut Knickebein itu akan mengirim kode tertentu pada Luftwaffe saat pesawat tersebut pada posisi yang tepat untuk menjatuhkan bom.

Pada awal dioperasikannya sistem tersebut Luftwaffe sukses menjalankan misi pengebomannya. Bom berhasil dijatuhkan pada sasaran yang tepat. Tetapi, keberhasilan Inggris melakukan infiltrasi sinyal Knickebein mengacaukan misi pengeboman berikutnya. Awak pesawat Luftwaffe bukan hanya kehilangan panduan pengeboman, bahkan disesatkan hingga beberapa di antaranya mendaratkan pesawat mereka di pangkalan Angkatan Udara Inggris.

Intervensi terhadap sinyal Knickebein memperluas zona pertempuran hingga merambah ruang ‘tidak kasat mata’, yakni ranah spektrum elektromagnetik. Ini merupakan perkembangan awal dari fenomena yang diidentifikasi sebagai perang elektronik (electronic warfare). Yakni perang yang menjadikan perangkat elektronik tertentu sebagai sasaran. Perangkat yang menjadi sasaran dikacaukan operasinya hingga terdegradasi fungsinya atau bahkan sepenuhnya macet. Tujuannya menciptakan keunggulan perangkat penunjang pertempuran.

Beradu sinyal

Dalam perang elektronik, sasaran penyerangan adalah perangkat yang menggunakan medium medan elektromagnetik, utamanya adalah radar dan alat komunikasi. Dua perangkat tersebut menjadi target karena urgensinya dalam petempuran yang melibatkan pesawat udara amat vital. Radar dapat mendeteksi keberadaan pesawat penyusup dan menentukan posisi target tembakan. Sedangkan alat komunikasi menjadi sarana koordinasi dan penentuan identifikasi pesawat lain, sekutu atau musuh.

Radar modern, dengan dukungan teknologi komputer, bukan hanya mampu menentukan posisi aktual sebuah pesawat, tetapi juga memprediksi keberadaan pesawat beberapa saat kemudian. Dimungkinkan hasil pelacakannya digunakan sebagai data masukan untuk pengarahan dan penentuan kecepatan peluru kendali (guided missile). Dengan dukungan radar berakurasi tinggi, yang terkonek dengan peluncur rudal atau on-board pada rudal, kemungkinan rudal tepat sasaran sangat besar.

Antisipasi dini terhadap tembakan rudal yang dipandu radar dilakukan dengan pemasangan perangkat RWR (Radar Warning Receiver) pada pesawat. Instrumen ini akan menyalakan sinyal peringatan ketika keberadaan pesawat tengah dilacak radar. Penyalaan sinyal sekaligus menjadi perintah kepada awak pesawat untuk segera mengaktifkan instrumen electronic countermeasures (ECM), disebut juga electronic protective measures (EPM), perangkat yang diadakan untuk melumpuhkan operasi radar.

Deteksi radar dapat dikecoh dengan penghamburan chaff, lempeng metal yang menimbulkan pantulan gelombang radar hingga memunculkan titik-titik target semu pada displai radar. Reaksi yang lebih agresif adalah dengan melancarkan serangan electronik (electronic attack) terhadap radar. Langkah ofensif untuk mendegradasi fungsi radar dilakukan dengan memancarkan sinyal pengganggu gelombang pantul radar.

Frekuensi dan daya sinyal serangan diatur sedemikian sehingga operasi radar terdegradasi, atau bahkan sepenuhnya macet, misalnya dengan memperlambat waktu tempuh pantulan gelombang radar mencapai unit penerima (receiver) radar. Pelambatan tersebut akan membuat perhitungan jarak target tidak sesuai dengan posisi sebenarnya.

Namun, serangan electronik terhadap radar menjadi tidak efektif jika radar telah dilengkapi perangkat ECCM (electronic counter-countermeasures). Dengan alat tersebut radar dapat ‘berkelit’ dari upaya pemacetan (jamming) atau gangguan terhadap operasinya. Ketika terindikasi ada serangan terhadap radar dengan segera dilakukan pemindahan frekuensi dan atau penguatan daya pancar. ECCM yang dilengkapi sensor tertentu juga dapat mengenali target-target semu yang dimunculkan chaff.

Pemindahan frekuensi atau penguatan daya akan mengundang serangan elektronik baru. ALQ-218 TJR, senjata elektronik yang akan dipasang pada pesawat penyerang elektronik generasi baru Amerika EA-18 Growler, misalnya, dapat dengan segera mendeteksi pemindahan frekuensi, dan frekuensi penyerangan pun segera menyesuaikan. Ini membuat pertempuran elektronik terus berkecamuk hingga salah satu pihak berhasil sepenuhnya mengontrol pergerakan energi-sinyal frekuensi di ranah spektrum elektromagnetik.

Perangkat avionik lain yang sering menjadi sasaran serangan elektronik adalah sistem komunikasi, salah satunya IFF (identification, friend or foe). Penyerangan terhadap IFF dimungkinkan karena instrumen tersebut juga menggunakan sinyal gelombang elektromagnetik untuk menginterograsi pesawat lain, teman atau lawan. Penurunan efektivitas IFF diupayakan dengan melakukan interferensi terhadap sinyal IFF atau memecahkan pengacakan kode transponder replay-nya.

Efektivitas serangan

Efektivitas serangan elektronik terhadap radar didemonstrasikan oleh aksi penyusupan pesawat Israel ke dalam wilayah Suriah awal September 2007 lalu. Pesawat penyusup yang melakukan penyerangan terhadap sebuah bangunan tersebut berhasil memasuki wilayah Suriah tanpa terdeteksi radar. Ditengarai penyusupan pesawat tidak berkarakteristik siluman itu diawali dengan serangan elektronik oleh sebuah pesawat tak berawak hingga radar pemantau (surveillance) buatan Rusia yang dioperasikan pihak pertahanan udara Suriah berhasil dimacetkan.

Amerika secara efektif juga menggunakan pesawat penyerang elektronik EA-6B Prowler di berbagai medan pertempuran, antara lain di Bosnia, Kosovo, Afghanistan, dan Irak. Dengan perangkat ALQ-99 dan USQ-113 pesawat tersebut mendegradasi fungsi radar dan alat komunikasi lawan.

Aksi serangan elektronik menjadi pembuka jalan bagi pesawat lain, terutama tipe fighter atau pengebom untuk menjalankan operasinya. Ini menempatkan pesawat penyerang elektronik (electronic attack aircraft atau AEA) pada peran yang strategis, mengawal sebuah penyerangan. Keberhasilan serangan elektronik merupakan sebuah kemenangan awal pertempuran, sebelum akhirnya dituntaskan oleh pesawat tempur atau pengebom.***

M. Nurdin Suhar.
Karyawan PT Dirgantara Indonesia Bandung.*


Mungkin diantara anda belum pernah mendengar insiden Bawean.
Insiden Bawean adalah duel udara pesawat tempur F-16 TNI-AU dengan pewat tempur F/A 18 Hornet milik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yang menerobos masuk wilayah Indonesia di atas kepulauan Bawean. Ini bukan latihan militer, ini kenyataan.

Tanggal 3 Juli 2003, kawasan udara di atas Pulau Bawean sontak memanas ketika lima
asing yang kemudian diketahui sebagai pesawat F/A 18 Hornet terdeteksi radar TNI AU. Dari pantauan radar kelima Hornet terbang cukup lama, lebih dari satu jam dengan manuver sedang latihan tempur. Untuk sememntara Kosek II Hanudnas (Komando Sektor II Pertahanan Udara Nasional) dan Popunas (Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional) belum melakukan tindakan identifikasi dengan cara mengirimkan pesawat tempur karena kelima Hornet kemudian menghilang dari layar radar.

Sekitar dua jam kemudian, Radar Kosek II kembali menangkap manuver Hornet. Karena itu panglima Konanudnas menurunkan perintah untuk segera melakukan identifikasi. Apalagi manuver sejumlah Hornet itu sudah mengganggu penerbangan komersial yang akan menuju ke Surabaya dan Bali serta sama sekali tak ada komunikasi dengan ATC terdekat.

Dua pesawat tempur buru sergap F-16 TNI-AU yang masing-masing diawaki Kapten Pnb. Ian Fuadi/Kapten Fajar Adrianto dan Kapten Pnb. Tony Heryanto/Kapten Pnb. Satro Utomosegera disiapkan. Misi kedua F-16 itu sangat jelas yaitu melakukan identifikasi visual dan sebisa mungkin menghindari konfrontasi mengingat keselamatan penerbang merupakan yang utama. Selain itu, para penerbang diminta agar tidak mengunci (lock on) sasaran dengan radar atau rudal sehingga misi identifikasi tidak dianggap mengancam. Namun demikian, untuk menghadapi hal yang terduga kedua F-16 masing-masing dua rudal AIM-9 P4 dan 450 butir amunisi kanon kaliber 20 mm.



Menjelang petang, Falcon Fligh F-16 melesat ke udara dan tak lama kemudian kehadiran mereka langsung disambut dua pesawat Hornet. Radar Falcon Fligh segera menangkap kehadiran dua Hornet yang terbang cepat dalam posisi siap tempur. Perang radar atau jamming antara kedua pihak pun berlangsung seru. Yang lebih menegangkan pada saat yang sama, F-16 yang berada pada posisi pertama telah dikunci, lock on oleh radar dan rudal Hornet. F-16 kedua yang terbang dalam posisi supporting Fighter juga dikejar oleh Hornet lainnya. Namun posisi F-16 kedua lebih menguntungkan. Jika memang harus terjadi dog fight ia bisa melancarkan bantuan.

Untuk menghindari sergapan rudal lawan seandainya memang benar-banar diluncurkan, F-16 pertama lalu melakukan manuver menghindar, yakni hard break berbelok tajam hampir 90 derajat ke arah kanan dan kiri serta melakukan gerakan zig-zag. Manuver tempur itu dilakukan secara bergantian baik oleh F-16 maupun Hornet yang terus ketat menempel. Melihat keadaan yang semakin memanas, F-16 kedua lalu mengambil inisiatif menggoyang sayap (rocking wing) sebagai tanda bahwa kedua pesawat F-16 TNI-AU tidak mempunyai maksud mengancam.

Sekitar satu menit kemudian, kedua F-16 berhasil berkomunikasi dengan kedua Hornet yang mencegat mereka. Dari komunikasi singkat itu akhirnya diketahui bahwa mereka mengklaim sedang terbang di wilayah perairan internasional. "We are F-18 Hornets from US Navy Fleet, our position on International Water, stay away from our warship". F-16 pertama lalu menjelaskan bahwa mereka sedang melaksanakan patroli dan bertugas mengidentifikasi visual serta memberi tahu bahwa posisi F-18 berada di wilayah Indonesia. Mereka juga diminta mengontak ke ATC setempat, karena ATC terdekat Bali Control belum mengetahui status mereka.

Usai kontak Hornet AS itu terbang menjauh sedang kedua F-16 TNI-AU return to base, kembali ke pangkalannya Lanud Iswahjudi Madiun. Selain berhasil bertemu dengan Hornet, kedua F-16 TNI-AU juga melihat sebuah kapal perang Frigat yang sedang berlayar ke arah timur. Setelah kedua F-16 mendarat selamat di pangkalan TNI-AU menerima laporan dari MCC Rai (ATC Bali) bahwa fligh Hornet merupakan bagian dari armada US Navy. Namun yang paling penting dan merupakan tolak ukur suksesnya tugas F-16, Hornet AL AS itu baru saja mengontak MCC RAI dan melaporkan kegiatannya.



Keesokan harinya TNI-AU terus mengadakan pemantauan terhadap konvoi armada laut AS itu dengan mengirimkan pesawat intai B737. Hasil pengintaian dan pemotretan menunjukkan bahwa armada laut AS yang terdiri dari kapal induk USS Carl Vinson, dua frigat dan satu destroyer sedang berlayar diantara Pulau Madura dan Kangean menuju Selat Lombok. Selama operasi pengintaian itu pesawat surveillance B737 terus dibanyangi dua F/A 18 Hornet AL AS. Bahan-bahan yang didapat dari misi itu kemudian dipakai oleh pemerintah untuk melancarkan "keberatan" secara diplomatik terhadap pemerintah AS.



Blog EntryJENIS KENDARAAN TEMPUR TAKTIS DI MEDAN PERANGSep 16, '08 3:22 AM
for everyone

Biasanya seorang komandan pasukan akan menerima advis untuk mengetahui kemampuan dan keterbatasan sistem senjata yang dimiliki sehingga Ia dapat menentukan langkah yang terbaik dalam pengerahannya. Penggunaan dan pengerahan kendaraan militer juga memerlukan advis seperti itu. Di Iraq pada tahun lalu dapat dilihat penggunaan kendaraan militer secara luas untuk mendukung berbagai operasi militer.

Pasukan mengoperasikan kendaraan militer jenis HMMWV dan trukck yang tidak memiliki tingkat perlindungan tinggi terhadap bahaya tembakan senapan maupun ranjau, sementara banyak kendaraan lapis baja yang hanya nongkrong di basis-basis pangkalan. Dari berbagai study yang dilakukan memperkirakan bahwa lebih dari separuh korban luka maupun gugur dikarenakan mereka tidak menggunakan kendaraan militer yang memiliki tingkat perlindungan yang tinggi seperti misalnya APC M113. Sekitar 300 sampai 400 personil mungkin masih dapat diselamatkan bila mereka diberikan sarana yang benar.

Yang terpenting dari karakteristik kendaraan militer adalah bukan dari beratnya, atau pemilihan antara beroda ban atau beroda rantai, tetapi pada kemampuannya. Kemampuan untuk beroperasi dikawasan dimana operasi akan dilaksanakan, dan kemampuan untuk melaksanakan misi yang dibebankan.

Komandan pasukan perlu mengetahui kondisi wilayah operasinya dengan mengidentifikasi secara benar, dan jenis misi yang akan dilaksanakan. Ia harus membuat rancangan pemilihan kendaraan yang akan digunakan serta cadangannya dan jangan hanya memperkira-kira saja. Pemilihan jenis kendaraan yang salah hanya akan menimbulkan kegagalan misi operasi dan menurunkan moral prajurit yang dipimpinnya.

Salah satu sistem senjata yang populer digunakan dalam peperangan di kawasan teluk adalah senjata bahu RPG-7 dan sejenisnya. Rata-rata setiap grup infanteri menggunakan 50-80 senjata jenis ini. Ancaman senjata RPG-7 dan sejenisnya menimbulkan implikasi yang significant bagi berbagai jenis kendaraan militer dan hal ini perlu untuk diperhitungkan dalam rencana pengadaan kendaraan militer kedepan.

Kendaraan militer jenis Soft-Skin.
Kendaraan militer jenis soft-skin, atau non lapis baja. Kendaraan jenis ini tidak memiliki sistem proteksi balistik, atau memiliki sistem perlindungan hanya terhadap efek ledakan (fragment) saja, bukan terhadap senjata ringan. Banyak juga yang disebut sebagai HMMWV lapis baja dari pra-M1114 atau kategori lanjutannya, namun efektivitasnya juga tidak sebaik Ranlapba.

Ran soft-skin digunakan untuk operasi pada masa damai atau untuk operasi di garis belakang dimana kemungkinan untuk diserang oleh gerilyawan musuh sangat kecil. Dalam konflik moderen atau masa datang seperti situasi yang tidak menentu, tetap saja digunakan kendaraan jenis soft-skin, termasuk oleh unit digaris depan. Kendaraan seperti HMMWV seharusnya tidak digunakan dalam operasi garis depan dimana masih banyak jenis kendaraan yang dapat dijadikan pilihan.

TNI pada masa gelar operasi di Aceh mengerahkan sebagian besar kendaraan berupa jenis soft-skin, sehingga untuk mengantisipasi serangan proyektil munisi caliber kecil dan efek ledakan GLM diupayakan oleh pasukan didaerah operasi dengan memodifikasi pemberian lapisan dari mulai pelat logam sampai pada batang-batang pohon kelapa yang disusun pada dinding bak truk militer.

Banyak juga Ran kategori soft seperti sepeda motor yang sangat bermanfaat dalam pertempuran moderen, tetapi tetap memerlukan perhitungan yang tinggi dalam pengoperasiannya. Hal ini mungkin tidak efisien dalam medan tempur non-linear, atau memerlukan tabir dari sistem yang lebih tinggi untuk memasuki areal yang dituju. Pengoperasian kendaraan jenis soft skin sangat rentan terhadap efek ledakan senjata artileri dan mortir.

Pasukan didaerah operasi harus waspada dengan terminologi "Light" (ringan) dalam istilah "Light Patrol Vehicle", kata light dihubungkan dengan tingkat ancaman saat patroli, bukan pada bobot kendaraan. Terminologi yang lebih tepat seharusnya "Low-threat Patrol Vehicle" (kendaraan patroli dengan tingkat ancaman rendah.

Ide yang popular bagi beberapa pasukan darat adalah jeep, HMMWV atau kendaraan ringan beroda lainnya, dilengkapi dengan sista ATGM seperti TOW. Penjelasannya biasanya bahwa sistemnya lebih baik dari tank dan sistanya mampu menghadapi tank. ATGM moderen memerlukan kendaraan yang membawa peluncurnya untuk tetap siaga bagi peluncur dan pengendaliannya, sehingga tank tidak memiliki kesempatan menembakan meriamnya.

Battlefield Combat Vehicles.
Kategori kedua adalah kendaraan tempur yang sesungguhnya. Kategori ini memiliki berbagai sub-divisi.

Pertama, berupa "Frontal Battle Vehicles" atau Assault vehicles. Kendaraan ini diciptakan untuk menghadapi penembakan langsung dari pihak lawan. Assault vehicle harus mampu melakukan maneuver lintas medan (off-road) dan memiliki lapisan baja yang memadai dan kebal terhadap tembakan RPG. Frontal Battle vehicles termasuk Tanks dan APC seperti Bradley dan M113. Namun hingga saat ini belum ada kendaraan tempur yang sungguh-sungguh kebal terhadap tembakan RPG, masih belum didapat hasil pengembangan lapisan baja yang kebal terhadap tembakan RPG. Dalam perang Vietnam, penetrasi RPG terhadap M113 diperkirakan memiliki kans 0.8 untuk menyebabkan korban tunggal. Hanya satu dari tujuh tembakan yang dapat melakukan penetrasi, maka kans dari setiap perkenaan menyebabkan satu korban lebih rendah dari 12%. M113 moderen dengan applique armour memiliki daya proteksi yang lebih tinggi. Beberapa kendaraan beroda ban dapat dijadikan kendaraan tempur apabila memiliki kemampuan lintas medan dan menjaga jarak dari jangkauan tembakan RPG.

Kendaraan tempur memiliki berbagai peran dalam pertempuran skala besar atau Major Theatre Warfare (MTW). Perannya dalam konflik kecil seperti operasi kontra gerilya juga sangat penting. Unit kecil kekuatan penembakan dan pencegat dalam karakteristik pertempuran ini artinya pasukan akan diuntungkan dengan daya tembak dan perlindungan yang diberikan oleh kendaraan tempur. Timbulnya korban yang tidak bersalah sering membatasi dukungan tembakan artileri dan serangan dari udara, menjadikan pilihan jatuh pada sistem tembakan langsung.

Seperti yang terlihat di Grozny dan Mogadishu, senjata RPG pihak lawan dalam daerah urban akan menyerang kendaraan tempur secara simultan dari berbagai arah. Hanya kendaraan tempur roda rantai yang memiliki kekebalan atas ancaman ini. Walaupun tidak semuanya mampu terus bertahan untuk membantu memberi dukungan bagi pasukan infanteri. Tank akan membantu pasukan infanteri dengan menghancurkan penghalang dengan tembakan jarak jauh dan memberikan tabir asap, iluminasi, tembakan senapan mesin dan dukungan sensor. APC dand IFV juga dapat membawa bekal amunisi dan peralatan khusus seperti barikade portable dan tangga untuk pasukan infanteri. Penggunaan ranpur roda rantai juga bermanfaat untuk melalui barikade dan halang rintang yang dipasang pihak lawan.

Tidak semua Ranpur memiliki perlindungan yang baik. Platform seperti meriam gerak sendiri sering hanya memiliki lapisan baja yang tipis. Ran seeprti yang dikelompokkan dalam kategori Ranpur "Secondary" atau "Lini Kedua" dimana kendaraan dioperasikan pada daerah yang tidak terjangkau tembakan senjata RPG.

Sebarapa mudah kita dapat menciptakan daerah aman dalam pertempuran non-linear dimasa datang?, hal ini masih harus diperdebatkan. Juga dalam sub-kategori ini termasuk Ran yang dapat digunakan dibelakang garis pertahanan depan pihak lawan untuk pertahanan. Ini termasuk Ran ringan atau Ran intai yang tidak berlapis baja serta Ranpur Infanteri Linud (AIFV - Airborne Infantry Fighting Vehicles) seperti seri BMD Rusia.

Seberapa bergunanya hal ini akan dapat dibuktikan, gerilyawan di pedesaan saat ini sudah memiliki persenjataan seperti GLM (pelontar gradand), RPG maupun LAW (Senjata ringan, anti-tank). Komandan unit yang dilengkapi dengan kendaraan mungkin akan menghidari berbagai jenis rintangan dimana pasukan infanteri atau kekuatan gerilyawan akan menghadang dalam jarak 300 meter. Untuk unit pengintai hal ini akan memberikan keterbatasan bagi misi yang dijalankannya.

Black-top Combat Vehicles.
Ran pengaman jalan merupakan sub-kelas dari Ranpur term I "Black-top". Black-top merupakan Ranlapba yang tugas utamanya untuk beroperasi di jalan raya. Kemungkinan juga memiliki kemampuan lintas medan, dimana diperhitungkan diberbagai Negara masih banyak jalan raya yang kotor dan berlumpur.

Dalam berbagai situasi medan tempur non-linear target utama dari operasi gerilya/ insurgent biasanya untuk memotong jalur komunikasi/jalur logistik. Dalam situasi ini, jalan raya akan berubah menjadi medan tempur.

Tingkat lapis baja pelindung kendaraan setidaknya dipertimbangkan untuk melindungi diri dari serangan senjata ringan dan ranjau (bukan saja ranjau anti-personil). Penampilan yang penting dari kendaraan black-top adalah memiliki kemampuan akselerasi yang tinggi dan kecepatan melaju di jalan yang baik, terutama dalam tugas konvoi pasokan logistic. Pada masa perang Vietnam, konvoi logistik biasanya dikawal denngan tank atau M113. Pada kondisi jalan raya yang baik, sebuah truk dapat melaju dengan kecepatan diatas 70 km/jam dan kecepatan akan dikurangi didaerah yang dianggap tidak aman. Kendaraan kawal konvoi kemungkinan memiliki tingkat kecepatan yang lebih lambat dari truk yang dikawalnya.

Idealnya kendaraan tempur kategori Black-top memiliki kekebalan terhadap serangan senjata RPG maupun senjata ringan lainnya. Untuk tujuan ini diperlukan perhitungan pada penampilan serta ukurannya. FV1611 Humber Pig digunakan oleh AD Inggris di Irlandia Utara memiliki tingkat proteksi terhadap RPG dan ranjau antara lain dengan memasang grip logam pada seluruh sisi kendaraan, program ini dikenal dengan sebutan Operation Bracelet. Pada kendaraan Humber juga memiliki ruang untuk pemasangan double skin dari bahan pelat baja, namun bobot kendaraan yang meningkat akan mengurangi daya tampung perlengkapan operasi, dan akan mengganggu kemampuan manuvernya.

Rangkaian gril logam yang dipasang disekitar sisi kendaraan dekenal juga dengan istilah RPG cages, juga digunakan pada beberapa kendaraan yang dioperasikan di Grozny. LAV-III Stryker yang beroperasi di Iraq juga banyak yang dipasangi perangkat kandang (cage) ini, kalangan AD AS di Iraq menyebutnya sebagai ”Slat armor”, awak kendaraan memanfaatkan ruang diantara body kendaraan dengan slat armor ini untuk meletakan bagasi. Dalam serangan RPG di Mosul pada 28 Maret 2004, bagasi yang terdapat diantara body dan slat armor justru menimbulkan kebaran pada kendaraan.

Generator yang menghasilkan medan listrik dapat membuat premature ledakan RPG. Hal ini juga perlu diperhatikan dalam operasional kendaraan tempur maupun kendaraan kategori Black-top.

Perhatian lain yang perlu diberikan pada kendaraan pengangkut pasukan infanteri, jenis kendaraan kategori Black-top juga diperlukan. Terutama untuk pengaangkut kargo, yang biasanya terdiri dari berbagai jenis. Perlu adanya sisipan kendaraan bersenjata untuk tembakan langsung untuk menghancurkan barikade dijalan. Misalnya dengan kelengkapan senjata caliber 76mm atau mortar caliber 60mm. Kendaraan dengan kanon caliber 20-25mm juga akan sangat bermanfaat dalam menghadapi pencegatan.

Blue-Top Vehicles.

Sejauh ini kita memperhatikan kendaraan untuk peperangan berskala besar dan counter-insurgency. Masih ada wilayah lain yang menuntut tanggung jawab militer yang dikelompokkan dalam Operasi Militer Selain Perang – atau "Military Operations Other Than War"/MOOTW atau Other Operation Than War/OOTW. Hal ini tidak berhubungan dengan COIN/Counter-guerilla/Local-Intensified Conflict atau LIC sebagai OOTW. MOOTW termasuk misi seperti:
• Penjaga perdamaian.
• Tugas dimasa damai/Peace Enforcement.
• Kamdagri/asistensi tugas kepolisian/gangguan keamanan.
• Operasi Evakuasi Non-Tempur.
• Bantuan Kemanusiaan.
• Bantuan Pemeliharaan Lingkungan.
• Gempa Bumi dan Bencana Alam.
• Pertolongan paska Konflik.
• Operasi Keamanan Perbatasan, dll.
Dalam operasi seperti tersebut diatas akan memerlukan kekuatan pasukan dengan kemampuan tempur. Penjaga Perdamaian dianjurkan melibatkan kegiatan pemeliharaan perlucutan senjata dimana satu atau lebih dari pihak yang bertikai tidak menyetujui adanya intervensi. Oleh karenanya Penjaga Perdamaian terkadang menggunakan angkatan bersenjata untuk menciptakan gencatan senjata yang belum tercapai. Dengan situasi demikian maka pasukan Penjaga Perdamaian harus memiliki kemampuan tempur dan diperlengkapi sebagaimana halnya angkatan bersenjata.

Tugas Bantuan Kemanusiaan dan Tugas Bantuan paska Konflik kemungkinan masih akan menghadapi aktifitas gerilyawan, terutama yang sering mengganggu konvoi. Motivasinya biasanya krimninal, berbeda dengan operasi gerilya sesungguhnya atau kegiatan teroris, dengan demikian diperlukan sarana pertahanan untuk melindungi konvoi.

Misi MOOTW akan memerlukan kendaraan tempur yang dapat dikelompokan dengan terminologi LAMO (Low Aggression Military Operations). Kendaraan yang dimaksud dapat nyaman untuk mendukung operasi, dan disebut sebagai Blue-top atau LAMOV. Kendaraan ini bukanlah kendaraan tempur, tetapi lebih condong kepada APC.

Kebutuhan minimum kendaraan LAMO, batas minimum kendaraan LAMO sebatas asumsi memiliki proteksi yang baik terhadap ancaman senjata sejenis RPG, proyektil senapan serbu maupun ranjau darat. Memiliki payload yang memadai, dilengkapi sarana komunikasi yang handal dan daya maneuver yang lincah. Kendaraan harus diperhitungkan untuk menghadapi situasi yang seketika berubah menjadi agresif. Untuk itu disarankan untuk memilih jenis kendaraan tempur.

Kendaraan tempur yang dipilih tidak teralu besar ukuranya sehingga dapat dioperasikan juga dikepadatan lalu-lintas umum. Maka pilihan untuk hal ini sebaiknya berupa kendaraan tempur beroda ban seperti LAV atau sejenisnya. Kondisi jalan raya atau jalur kedearah bencana kemungkinan berupa medan lintas alam, maka kendaraan dituntut untuk mampu melakukan gerak lintas medan berat ataupun melakukan gerak amphibi atau melintas di genangan air dalam (deep fording).

Kendaraan LAMO dilengkapi dengan persenjataan untuk pertahanan diri terhadap serangan bersenjata. Persenjataan dapat berupa senapan mesin ringan, kanon ringan atau pelontar granad sekelas Mk-19. Untuk menghadapi serangan diperbukitan, kemungkinan dilengkapi dengan persenjataan seperti Carl Gustav 84mm atau sejenis, meriam M67 kaliber 90mm atau M40 kaliber 106mm, terutama bagi kendaraan untuk wilayah check-point atau wilayah yang banyak terdapat penembak runduk.

Jenis kendaraan lain yang mungkin dioperasikan dalam kriteria LAMO adalah kendaraan penghubung dengan kapasitas angkut 4-5 personil dan kendaraan untuk sat regu. Biasanya digunaikan kendaraan sejenis Land-Rover. Kendaraan ini juga dapat digunakan sebagai pengangkut robot penjinak bahan peledak. Untuk pengangkut pasukan sebaiknya dilengkapi dengan dinding pelindung dengan lubang penembakan khusus dengan pengaturan tempat duduk belakang sistem center-line, hal ini untuk memperkecil risiko perlukaan pada personil didalam kendaraan akibat ledakan ranjau.

Kendaraan yang memiliki kriteria seperti diatas antara lain Tactica dari inggris, Mamba atau RG-31 Nyala dari Afrika Selatan, Dingo dari Jerman, ACMAT TPK 4.20 dari Perancis, atau Wolf dan M463 Rhino dari israel.


Untuk tugas yang lebih ringan, sejumlah kendaraan patroli yang dibuat dengan dasar kendaraan Land-Rover akan lebih bermanfaat dibandingkan yang sejenis HMMWV. Dibeberapa lokasi, digunakan juga Ran roda rantai BV-206. Konfigurasi HMMWV yg ada untuk memenuhi kriteria diatas sangatlah kurang efisien. Proteksi terhadap balistik dan ranjau sangat rendah dan terlalu ringan, serta ukurannya terlalu lebar untuk manuver, dan bila ditambahkan sistem proteksi semacam add-on armor, maka daya manuvernya akan menurun.

Berapa banyak kendaraan yang sesungguhnya diperlukan untuk misi LAMO dan perlu untuk dipertimbangkan. AD Jerman saat ini hanya merencanakan untuk membeli 56 unit Dingo. Ran Infanteri dan Ran Lapba Ringan Stryker ditujukan untuk misi pemelihara perdamaian, apakah AD Amerika memerlukan 1,830 unit dalam enam Brigade dari Korps AD ke-310.


________________________________________
Perbandingan dua Ranpur AD AS dari konteks diatas.
Pertama, HMMWV, Ran ini merupakan konfigurasi “Armament carriers”. Jelas, HMMWV bukanlah kendaraan tempur, dan sulit untuk menyelamatkan diri apabila menghadapi ancaman tembakan senjata RPG ataupun ledakan ranjau darat. Hal ini dapat dilihat di Iraq. Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa separuh dari pengalaman yang fatal selama tahun 2005 personil dapat selamat apabila terjadi serangan keluar dari kendaraan. Tidak seperti pada Ranpur Bradley atau APC M113.

Seperti Kendaraan LAMO, HMMWV tidak memiliki tingkat keselamatan bagi personil dibandingkan dengan Tactica, Mamba dan Dingo yang lebih baik tingkat perlindungannya.

Kendaraan lain yang diteliti adalah LAV Stryker. Apakah Stryker merupakan Ranpur? Tingkat perlindungan Stryker terhadap serangan ranjau dan RPG masih diragukan. Hal ini terjadi berkenaan dengan pengalaman di Mosul dimana Stryker dilumpuhkan oleh dua tembakan RPG.

Membandingkan Stryker dengan M113 yang sudah terbukti di medan tempur sangatlah menarik. Stryker dapat membawa 2+9 personil dengan bobot 19 ton. M113 memiliki bobot tempur 11 tons dan dapat membawa 2+11 personil. M113 lebih kecil, sistem proteksinya lebih baik, memiliki daya tekan kebumi yang kecil dan dapat melakukan gerakan berputar seketika. Mobilitas lintas medan lebih baik dari Stryker dan tidak seperti Stryker, M1113 mampu melakukan operasi ampibi dengan modifikasi Amphigavin.

Stryker kurang efektif ditransportasikan dengan pesawat angkut C-130 kecuali muatan bahan bakar pesawat dikurangi, dengan risiko jarak tempuh pesawat akan berkurang. Selain menggunakan Tank-Transporter, Stryker sangat bergantung kepada kemampuan daya jelajahnya sendiri dengan mengandalkan kapasitas bahan bakar penuh dapat menempuh jarak 300 mil. Dan karena ukurannya, didalam perut C-130 tidak terdapat spasi yang cukup untuk lalu lintas personil, maka pengakutannya harus memiliki peraturan keamanan yang ketat. Saat membawa Stryker, C-130 tidak boleh didaratkan pada semi-prepared forward airfields.

M113 mudah diangkut dengan C-130 dan dapat di turunkan dengan sistem airdropped atau diangkut dengan helicopter. Pesawat angkut jenis C-17 dan C-5 dapat membawa sejumlah besar M113 dibandingkan Strykers, memungkinkan untuk membentuk kekuatan didarat secara cepat.

Harga sebuah Stryker $3 juta, sementara satu unit M113 (brand new) hanya sekitar $550,000. Saat ini AD memiliki stock 13,000 unit M113, dan tambahan 700 unit (1st May 2004) ditempatkan di Kuwait.

Di Iraq, Strykers digunakan untuk mengawal convoy, terutama dikawasan utara dimana kegiatan convoy jarang mendapat serangan. Secara teori Stryker memiliki kecepatan maksimum 62 mil/jam, namun kecepatan maksimum ini ternyata kurang aman, maka saat ini kecepatan dibatasi hanya sampai 45mil/jam, hanya beberapa mil/jam lebih cepat dari M113A3. Posisi pengemudi dari Stryker hanya memungkinkan pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan dengan posisi kepala diluar lubang atap kendaraan atau menggunakan periscopes. Pada kecepatan tinggi posisi ini akan sangat tidak nyaman dan tidak aman.

Dalam term “Peacekeeping” yang sering duhubungkan dengan Stryker. Secara umum pasukan penjaga perdamaian harus berpenampilan tidak mengancam. Dan lebih efektif dengan menggunakan persenjataan ringan, orientasi bertahan sebagai kekuatan pengamat. Dibandingkan dengan penampilah Tank Tempur Utama M1 Abrams, Stryker akan tampak lebih agresif dan terlihat menyeramkan.

Selain dari anggapan sebagai Ranpur ideal untuk operasi militer diabad ke-21, penampilan Stryker termasuk pilihan buruk untuk mendukung misi AD.


0 komentar:

Poskan Komentar

Template Design by SkinCorner