Tips Biar Enggak Gampang Nyerah

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang sebaiknya kamu lakukan jika sedang dalam tekanan yang memaksamu untuk menyerah dan meninggalkan tugas atau tantangan yang tengah kamu hadapi.

a. Tumbuhkan semangat kompetisi seperti pada Yukio, 13, yang berhasil menjaga motivasinya menjadi pemain sepak bola yang baik setelah ia membangun semangat persaingan dengan teman-temannya. “Saat aku kalah, aku terdorong untuk membalasnya dengan bermain lebih baik lagi.” Yukio juga bermain dengan ayah dan teman-temannya. Tubuh mereka yang besar dan kuat mendorongnya untuk terus berlatih agar dapat bermain lebih baik dengan mereka.
b. Menonton Penampilan Tim/Tokoh Idola. Ini yang dilakukan oleh Nancy, 14 tahun. Ia adalah pemain bulu tangkis yang baik. Tapi Namun, ia nggakenggak mau berhenti sampai di situ saja, ia memotivasi dan menggembleng dirinya sendiri untuk lebih baik lagi. Untuk meningkatkan skill dan teknik bermainnya, Nancy menonton rekaman-rekaman pemain bulu tangkis yang ia miliki setiap hari. Itu juga yang ia lakukan setiap kali ia merasa jenuh dan bosan.
Hal serupa juga dilakukan oleh Bram, 13 tahun, yang ingin menjadi musisi handal. Setiap hari, ia menonton rekaman video klip grup musik favoritnya. Setelah itu, ia berlatih selama minimal dua jam.

c. Berkaca dari Kegagalan. Intan, 15 tahun, mengatakan: "Ketika aku melihat rapotku dipenuhi nilai 6 dan 5, aku merasa putus asa. Namun, kubangkitkan motivasiku dengan memajang foto kopi rapot itu di dekat kaca riasku. Itu memberiku dorongan untuk meraih nilai yang lebih baik. Dan, aku berhasil."

d. Mengambil inspirasi dari orang-orang yang telah berhasil juga dapat menjaga motivasi kamu untuk terus berusaha mencapai tujuan. Suryani, 15 tahun, memajang gambar bibinya yang berhasil mengatasi diabetesnya dengan diet yang ketat dan olah raga yang teratur. “Aku menirunya. Aku mengerjakan seperti yang ia lakukan dan aku senang mendapatkan hasilnya setelah sekian bulan berjalan. Tubuhku jadi sehat dan seksi!"

e. Minta bantuan teman dan keluarga. Jika kamu berada dalam situasi yang sangat buruk dan ingin bangkit dari kubangan itu, kamu harus memiliki motivasi yang sungguh-sungguh kuat agar dapat berhasil. Bahkan, pada situasi tertentu, terasa sangat berat untuk menjaga motivasi seorang diri. Karena itu, jika kamu memiliki masalah yang serius, kamu membutuhkan bantuan teman dan keluarga. Wiwien, 14 tahun, berhasil keluar dari jeratan narkoba kerena usahanya yang keras dan dukungan selurluh teman dan keluarganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template Design by SkinCorner